PENDIDIKAN

Disdik Ingatkan MPLS Maksimal Satu Hari

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel mengingatkan semua SMA/SMK/SLB di Sumsel untuk menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara terbatas pada tahun ajaran baru 2021-2022 yang akan dimulai pada 12 Juli 2021. MPLS tidak boleh lebih dari satu hari.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Riza Pahlevi menyampaikan, MPLS atau yang dulu dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) berlaku untuk semua sekolah, baik yang daring dan luring.

“Jadi MPLS kita sarankan hanya pengenalan guru, lingkungan dan proses pembelajaran. Dan waktu tidak boleh lebih dari satu hari,” kata Riza, Minggu (4/7/2021).

Bagi sekolah yang daring, maka dilakukan secara virtual sedangkan luring maka dengan tatap muka terbatas. Tatap muka terbatas tersebut dengan mekanisme waktu seefektif mungkin karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Kondisi Covid-19 yang fluktuatif dan belum melandai di Sumsel membuat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Intinya, pengenalan biasa, setelah itu selesai. Tidak ada orientasi siswa dengan berbagai games yang membuat kerumunan dan bersentuhan fisik,” kata dia.

Ia tetap berharap pandemi Covid-19 segera berlalu, karena siswa butuh sekolah tatap muka setelah lebih dari satu tahun menjalani sekolah daring.

Reporter: Sugiarto
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *