OLAHRAGA

Menang 1-0, Inggris Juara Grup

Sibernas.com, London-Timnas Inggris meraih kemenangan 1-0 di partai penutup fase grup Euro 2020 kontra Republik Ceko. Hasil yang mengantarkan The Three Lions jadi juara Grup D.

Pada pertandingan ketiga grup yang dihelat di Stadion Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, Inggris tampil dominan dengan 56 persen ball possesion dan membuat total lima attempts, tiga di antaranya on goal.

Ceko lebih agresif dengan enam attempts meski cuma satu yang on goal. Raheem Sterling mencetak satu-satunya gol di laga ini pada menit ke-12. Inggris dengan tambahan tiga poin berhak memuncaki grup dengan tujuh poin, unggul tiga angka dari Kroasia yang finis runner-up. Ceko harus puas finis posisi ketiga.

Inggris langsung menggebrak sejak menit awal dan sudah mendapat peluang di menit kedua. Diawali umpan lambung Luke Shaw dari pertahanan Inggris yang mengarah langsung ke daerah Ceko.

Sterling lolos dari jebakan offside dan langsung menyontek bola melewati adangan Tomas Vaclik. Tapi, si kulit bundar malah membentur tiang dan gagal jadi gol.

Lihat Juga :  Come Back Dramatis, Portugal Kalahkan Republik Ceko 2-1

Inggris terus menekan pertahanan Ceko dan akhirnya bisa mendapat gol di menit ke-12. Diawali crossing Bukayo Saka yang tak menemui sasaran, bola diamankan oleh Jack Grealish.

Grealish langsung mengoper ke tiang jauh untuk disundul Sterling dengan mudahnya ke gawang kosong. Setelah gol itu, Inggris masih menguasai pertandingan dan tak memberikan kesempatan untuk Ceko mengembangkan permainan. Barulah selepas menit ke-20, Ceko perlahan mulai sering memegang bola.

Kane mendapat umpan terobosan dari Maguire pada menit ke-26 di kotak penalti. Kane menerima dengan kaki kiri dan mengecoh satu pemain, sebelum menembak ke gawang yang dapat ditepis tangan kanan Vaclik.

Dua menit berselang giliran Ceko punya peluang lewat Tomas Holes. Bola liar dari pertahanan Inggris jatuh di jalur Holes yang langsung menembak ke pojok gawang, hingga memaksa Pickford terbang menepisnya.

Ceko punya kans lagi di menit ke-35 ketika Shaw membuang bola tembakan Jakub Jankto. Bola malah mengarah ke Tomas Soucek untuk disepak dari luar kotak penalti, meski menyamping di sisi kanan gawang Pickford. Tak ada gol tercipta sehingga pertandingan babak pertama tuntas 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Lihat Juga :  Come Back Dramatis, Portugal Kalahkan Republik Ceko 2-1

Kesulitan Cetak Gol

Pada babak kedua, Inggris kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya di pertahanan Ceko. Meski sudah memasukkan Jordan Henderson menggantikan Declan Rice, serangan Inggris masih buntu.

Tidak ada sama sekali kans emas diciptakan Inggris maupun Ceko selama babak kedua berjalan. Inggris masih dominan dalam hal penguasaan bola, tapi tidak bisa mewujudkannya jadi gol.

Peluang baru tercipta di menit ke-83 saat Tomas Pekhart mendapat bola liar di kotak penalti dan melepaskan sepakan tapi melebar.

Inggris sempat mencetak gol kedua lewat Jordan Henderson pada menit ke-86 tapi dianulir karena pemain Liverpool itu sudah terjebak offside. Hingga laga Ceko Vs Inggris tuntas, skor 1-0 bertahan.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *