OLAHRAGA

Kompetisi Liga 1 Berjalan Dengan Sistem Series

Sibernas.com, Palembang-Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) segera menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 (satu) Indonesia. Namun pelaksanaannya akan berbeda dibandingkan pelaksanaan kompetisi Liga 1 Indonesia sebelumnya.

Berdasarkan keputusan Kongres Biasa (Ordinary Congress) PSSI Tahun 2021 pada Sabtu (29/5/2021), maka kompetisi liga 1 Indonesia akan digelar dengan sistem series.

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyebut, kompetisi akan tetap dilaksanakan seacara penuh. Itu artinya akan ada 306 pertandingan selama satu musim (satu tahun) kompetisi.

“Konsep kompetisi Liga 1 tadi seperti disampaikan tetap menggunakan kompetisi penuh dengan 306 pertandingan, tapi sistemnya yang dibedakan dari pelaksanaan kompetisi sebelumnya,” ujar Iwan saat memberikan keterangan kepada media usai Kongres di Raffles Hotel Jakarta.

Iwan menyebut, meski jumlah pertandingan tetap sama seperti sebelumnya namun pelaksanaannya akan berbeda. Kompetisi akan berjalan dengan konsep bubble (gelembung) menggunakan sistem series.

“Sekarang kompetisinya menjadi bubble to bubble dengan konsep yang kurang lebih sama seperti Turnamen Piala Menpora pada Maret hingga April lalu. Tapi karena jumlah pertandingannya hampir sepuluh kali lipat Piala Menpora kemarin maka kita menggunakan sistem series,” tambah Iwan.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, sistem series yang dimaksud adalah pelaksaan kompetisi akan berlangsung di satu daerah (cluster) yang ditentukan dalam kurun waktu satu hingga satu setengah bulan.

“Sistem series ini artinya satu hingga satu setengah bulan mereka digabungkan dalam satu kota dan bertanding di beberapa stadion lalu nanti akan dikembalikan ke home ground atau kota masing-masing untuk latihan dan menghindari kejenuhan. Setelahnya peserta kompetisi akan kembali bertandingan di series berikutnya dengan cluster yang berbeda,” lanjut Iwan.

Cluster kompetisi Liga 1 akan dibagi tiga. Cluster 1 terdiri dari wilayah DKI Jakarta, Barat, dan Banten, cluster 2 ada Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, dan cluster 3 adalah Jawa Tengah. Akan ada enam series kompetisi yang akan berjalan selama satu musim Liga 1 dan tiap series akan berlangsung pada satu cluster.

Direncanakan Kompetisi Liga 1 Indonesia akan dimulai pada awal Juli sebagaimana disampaikan sebelumnya oleh Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan. Kini PSSI hanya tinggal menanti pemberian ijin keramaian dari Kepolisian secara resmi.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *