PENDIDIKAN

PGRI Apresiasi Unsri Jadi PTN Pertama Gandeng PTS USMB di Indonesia

Sibernas.com, Palembang-Rektor Universitas PGRI Palembang sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mengapresiasi terobosan Universitas Sriwijaya (Unsri) yang menggandeng PTS di Sumsel pada Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

Dengan menggandeng PTS sebagai anggota USMB maka membantu para PTS dan juga calon mahasiswa dalam efektifitas dan efisiensi dalam proses Penerimaan Mahasiswaa Baru (PMB).

“Saya sangat apresiasi dengan Rektor Unsri Prof Anis, di seluruh Indonesia tidak ada PTN melakukan USMB dengan PTS, adanya cuman sesama PTN. Dan tentu ini membuat kami PTS sangat terbantu,” ujar Rektor Universitas PGRI Palembang, DR H Bukman Lian, MM, MSI, CIQaR, Selasa (11/5/2021).

Lanjut Bukman, panitia USMB juga tidak melarang peserta yang memilih PTS sebagai pilihan utama dalam proses USMB. Misalnya dengan alasan jarak yang jauh dari Palembang dan Indralaya.

Pihak Unsri hanya memberikan berbagai syarat seperti kampus tersebut harus memiliki akreditas baik, begitu juga dengan program studi yang tidak boleh C yang dimasukkan. Namun sebagai PTS bergengsi, Universitas PGRI Palembang semua sudah memiliki akreditasi baik.

“Dan tahun ini sudah kesekian kalinya, dan kita lihat saat kuliah mereka memiliki kualitas yang baik. Mudah-mudahan USMB ini terus digelar bersama para PTS yang ada di Sumsel,” jelasnya.

Rektor Unsri Prof Dr Anis Saggaf mengatakan, perkembangan PTS di Sumsel saat ini telah memiliki kualitas yang baik. Bahkan banyak PTS yang meraih berbagai penghargaan melalui berbagai peringkat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa PTS dan PTS sama-sama membina anak bangsa yang kemudian mengenyam pendidikan melalui bangku kuliah.

“Unsri sudah tahun keempat menggelar USMB, mudah-mudahan tahun yang akan datang PTS yang belum bisa bergabung bisa ikut. Dan luar biasa PTS sekarang, sudah banyak penghargaan. Jadi sekarang ini bagi calon mahasiswa yang penting cepat lulus dan berkarya. Buka usaha, jadi pengusaha dan karya lain baru kalau mentok pilih PNS, jangan pilih PNS diawal,” terangnya.

Rangkaian Jadwal USMB:

-17 Mei sampai 5 Juli Pendaftaran
-12 sampai 17 Juli Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
-17 sampai 18 Juli Penilaian Portofolio
-17 sampai 19 Juli Wawancaea dan Verifikasi Data
-26 Juli Pengumuman

Reporter: Sugiarto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *