PALEMBANG

Sinkronisasi dan Sinergitas Program, Diskominfo Sumsel Gelar Rapat Teknis

SIBERNAS.com, Palembang – Pemprov Sumsel melalui DisKominfo Prov Sumsel  melaksanakan Rapat Teknis (Evaluasi Kinerja) dengan Tema “Harmonisasi dan Sinergitas Dalam Membangun Tata Kelola SPBE, Satu Data Sumsel dan Konektivitas Wilayah Sumsel Menuju Transformasi Digital”.  Tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ratek dibuka Gubernur Sumsel, H. Herman Deru yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum , Prof. Edwar Juliartha dan diikuti oleh Dinas Kominfo dan Dinas PMD Kab/Kota se Sumatera Selatan.

Mengutip pernyataan Herman Deru, Edwar mengatakan  Prov Sumsel ibarat rangkaian puzzle, artinya setiap daerah memiliki peran dalam menyusun dan berkontribusi dalam merangkai pembangunan untuk Sumsel.  Dengan kesamaan persepsi dan  data yang dimiliki, mempermudah mewujudkan tujuan Sumsel Maju untuk Semua.

“SPBE memberikan landasan dalam koordinasi dalam mewujudkan tata kelola menuju satu data di Sumsel. Terkait satu data, Prov Sumsel telah memiliki aplikasi berbasis web dan android, SIMATA Sumsel,   portal yang memuat data sektoral dari berbagai OPD, ”jelas Edward.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Lebih lanjut diungkapkannya, melalui Ratek Kominfo diharapkan dapat mensinergikan program kegiatan antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. “Dengan begitu maka dapat memberikan arahan kebijakan dengan merencanakan, mengaplikasikan dan mengevaluasikan di daerah masing-masing,” ungkap Edwar

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Provinsi Sumsel, H Achmad Rizwan SSTP MM dalam laporannya menyampaikan  di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini, dimana setiap kegiatan dilakukan secara virtual.

“Melalui Program Gubernur Herman Deru, Program Internet Desa dan Web Desa untuk meningkatkan konektivitas antar daerah di Sumatera Selatan serta menjadi solusi masyarakat di masa Pandemi Covid-19.  Untuk Internet Desa, hingga saat ini  telah tersedia 170 Desa web desa dan  51 internet Desa.  Kedepan akan ditambah secara bertahap,” ujar Rizwan

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Pada kegiatan Ratek Kominfo 2021 ini,  para  Narasumber yaitu  Kasubdit  Jasa Telekomunikasi Ditjen PPI, Kemenkominfo RI, Gunawan Hutagalung yang hadir secara virtual, Kepala  Badan Pusat Statistik Sumsel, Ir. Endang Tri Wahyuningsih, MM dan Kadis PMD, H. Wilson, S.Sos, MM

Kasubdit Jasa Telekomunikasi Ditjen PPI, Kementerian Kominfo RI, Gunawan Hutagalung mengatakan bahwa Sesuai arahan Presiden RI bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 dapat dijadikan untuk  mempercepat Transformasi Digital.

Reporter : Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.