NASIONAL

Segera Ganti Kartu ATM Magnetic stripe Sebelum 31 Desember 2021, Berikut Caranya

SIBERNAS.com, Jakarta – Kartu ATM berbasis magnetic stripe wajib diganti ke kartu ATM berbasis chip sebagaimana kebijakan Bank Indonesia (BI).

Langkah ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Dalam beleid itu, dikutip Selasa (2/3), nasabah diberi waktu untuk mengganti kartu ATM berbasis magnetic stripe menjadi chip sebelum 31 Desember 2021 atau akhir tahun ini.

Nantinya, kartu magnetic stripe hanya bisa digunakan untuk tabungan dengan saldo maksimal Rp5 juta berdasarkan perjanjian antara nasabah dan bank.

Lalu, bagaimana cara mengganti ke kartu berbasis chip?

Mengutip Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), pada prinsipnya nasabah bisa langsung mendatangi kartor cabang terdekat atau meminta kartu chip dikirimkan ke alamat nasabah jika merupakan nasabah prioritas.

Aktivasi kartu chip bisa dilakukan lewat telepon, SMS, internet banking atau di ATM terdekat.

Untuk nasabah PT BCA Tbk, Anda diingatkan untuk mengganti kartu tidak lebih dari 1 Januari 2022 karena magnetic stripe praktis sudah tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Mengutip laman resminya, BCA menyebut ada dua langkah mudah mengganti kartu, yaitu:

  1. Kunjungi kantor cabang BCA untuk menukarkan Paspor BCA lama Anda melalui Customer Service. Penggantian ke Paspor BCA berbasis chip dapat dilakukan di seluruh cabang BCA di seluruh Indonesia.
  2. Di mesin CS Digital. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan Customer Service (CS) dalam satu mesin secara self service di cabang.

Senada, nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk diminta untuk mendatangi bank cabang terdekat untuk menggantikan kartu magnetic stripe. Anda dapat memilih beberapa desain yang disediakan tanpa dikenakan biaya.

Hal serupa juga disampaikan oleh PT BNI (Persero) Tbk, yaitu penggantian dapat dilakukan di kantor cabang terdekat.

“Jangan lupa untuk membawa identitas diri seperti KTP dan kartu debit atau ATM Anda,” ujar BNI seperti dikutip dari laman resminya.(sumber: Cnnindonesia.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *