SUMSEL

Pandemi Hambat Penyaluran Kredit Hanya Untuk UMKM

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menargetkan 4000 UMKM melakukan pinjaman/ kredit tanpa agunan kepada Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Palembang di tahun 2021. Hal ini ditujukan untuk membantu mengembangkan usaha rakyat terutama di masa pandemi ini.

Direktur Kepatuhan BPR Palembang Slamet mengatakan, program tersebut sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Setiap UMKM mendapatkan pinjaman Rp3 juta tanpa agunan dan bunga.

“Tahun lalu karena pandemi, maka proses penyaluran terhambat, bahkan baru mulai pada September 2020 di mana harusnya sejak awal tahun,” katanya di sela kunjungan ke pengerajin di Bagus Kuning, Senin (1/3/2021).

Slamet mengatakan, penyaluran kredit sangat terdampak pandemi. Tahun lalu hanya 820 nasabah saja yang melakukan pinjaman dari hasil jemput bola oleh para petugas. Selain karena ekonomi yang tidak menentu, masyarakat juga membatasi keluar rumah.

Lihat Juga :  Menko Polhukam Hadi: Cuma Turunnya hujan Dari langit Tidak Ada Punglinya

“Tahun ini kami siapkan Rp12 miliar dengan target UMKM yang sama dengan tahun lalu sebanyak 4000,” ungkapnya.

Bagi pelaku usaha yang sudah melakukan pinjaman bersubsidi tersebut dan pembayaran angsurannya lancar, maka bisa melakukan upgrade jumlah pinjaman di Kredit UKM Musi.

“Ini program Bank Palembang sendiri, jadi yang sebelumnya pinjam di kredit subsidi jadi bisa pinjam ke non subsidi. Plafon Rp3 juta – Rp50 juta, bisa bentuk kelompok 5-10 orang nasabah, tenornya 1 tahun,” katanya.

Program ini akan dilaksanakan Maret ini juga karena melihat antusias yang cukup baik dari UMKM. Menurutnya BPR menyasar UMKM yang jarang tersentuh bank besar lainnya di Palembang. Meski di tengah pandemi ini kredit macet UMKM mencapai 12-13 persen.

Lihat Juga :  Hubungan Agama Dan Pancasila.

“Pinjaman ini tanpa agunan juga, KTP, KK, surat nikah dan keterangan usaha. Baru ada 10 kelompok dari Lemabang Ilir Timur 2,” katanya.

Reporter: Pitri
Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *