PALEMBANG

Bertahun-Tahun Hidup di Dalam Gubuk Reot

Sibernas.com, Palembang-Perasaan bahagia ini dirasakan Ahmad Fauzi (42), warga Jalan Pangeran Si Doing Kenayan, RT 017, RW 006, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus. Betapa tidak, rumahnya masuk dalam Program Bedah Rumah melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, Senin (22/2/2021).

Rumah Fauzi, sebelumnya, sangat memprihatinkan, hanya bertiang kayu tua berdiri di atas rawa-rawa, dinding dan atap rumah terlihat berlobang di semua bagian rumah. Parahnya saat hujan rumah yang bisa dilalui melalui jalan setapak ini, mereka harus merasakan cucuran hujan yang menyelinap diatas bagian atap rumah membasahi saat mereka tengah tertidur.

Namun kini, sopir angkutan kota (Angkot) jurusan Tangga Buntung – Gandus ini kini bisa tidur dengan nyenyak dalam rumah minimalis berwarna hijau tua dikombinasikan dengan warna kuning berlist dinding putih.

Lihat Juga :  Ratusan Aktivis Sumsel dan Orang Tua Siswa Demo di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumsel, Ini Tuntutannya

Alhamdulillah. Rumah Pak Fauzi sudah selesai dibedah. Ini program Pemkot bekerja sama dengan Baznas. Sudah banyak rumah milik warga, terutama yang tidak mampu, yang kita bedah lewat program ini,” kata Fitrianti Agustinda, Wakil Walikota Palembang.

Fitrianti mengajak masyarakat Palembang untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Selain program bedah rumah, dengan zakat dari masyarakat juga gunakan untuk program pendidikan, kesehatan dan bantuan kemanusiaan lainnya,

Untuk tahun ini, kata Fitri, akan ada lebih dari 10 rumah warga prasejahtera yang akan dibedah melalui program Baznas Kota Palembang.

“Saat ini juga ada sekitar 10 rumah yang sedang dalam proses pembedahan,” paparnya.

Lihat Juga :  Dilantik Jadi Pj Walikota Palembang, Ini yang Akan Dilakukan Ucok Abdulrauf Damenta

Untuk tahun sebelumnya, ada sekitar 20 rumah yang telah dibedah melalui program bedah rumah Baznas Kota Palembang tersebut. Selain Baznas, ada juga program bedah rumah dari Pemerintah Kota Palembang dan bantuan dari Pemerintah Pusat.

Fitri menerangkan, selain bedah rumah ada juga program bantuan dibidang pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

“Ayo kita bayarkan zakat melalui Baznas, agar lebih banyak lagi saudara kita yang bisa dibantu,” imbaunya.

Editor: Ferly M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *