PALEMBANG

Dinkes Kota Palembang Siapkan 205 Petugas Vaksinator

Sibernas.com, Palembang-Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah di depan mata. Saat ini pun Pemerintah Kota Palembang sudah menyiapkan 205 petugas vaksinator dari 41 puskesmas di Palembang.

Seperti yang diketahui, vaksin untuk wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) sudah tiba pada 4 Januari lalu. Namun, karena masih dalam proses pelebelan, maka belum bisa didistribusikan ke kabupaten/ kota.

Plt Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Mirza Susanty mengatakan, sembari menanti jadwal pengambilan vaksin, pihaknya tengah mendata vaksinator yang akan melakukan penyuntikan vaksin.

“Kita ambil 5 orang dari 41 puskesmas, jadi ada 205 orang akan bertugas menjadi vaksinator,” katanya, Selasa (5/1/2021).

Jika berdasarkan jadwal yang diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo, bahwa vaksinasi akan dilakukan 14-15 Januari bagi kepala daerah, trnaga medis, tokoh agama/ masyarakat dan pelayan publik.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Maka, Dinas Kesehatan Kota Palembang masih menunggu rencana pendistribusian Vaksin Sinovac itu dari pihak provinsi ke kabupaten/ kota.

“Jika mengacu Jadwal 4 Januari mulai pendistribusian mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB, tapi kita masih menunggu dan berkoordinasi dengan pihak logistik provinsi kapan pengambilan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa mengatakan, jumlah vaksin untuk Palembang 19.080 vial tetapi ini masih di gudang farmasi.

“Yang pertama akan divaksin itu adalah tenaga kesehatan (Nakes) dengan jumlah tenaga kesehatan kita itu kurang lebih 13 ribuan,” katanya.

Dijelaskannya, setelah tenaga kesehatan, pendistribusian vaksin tersebut juga akan diteruskan kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat TNI-Polri serta ASN di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

“Untuk ASN ini kita prioritaskan untuk yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, seperti Dukcapil, DPMTSP, Kelurahan dan Kecamatan,” katanya.

Reporter: Kamayel Ar-Razi
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.