PALEMBANG

Malangnya Nasib Pekerja, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Sibernas.com, Palembang-Nasib kurang beruntung menimpa tenaga kerja Indonesia, ‘sudah jatuh tertimpa tangga’ pepatah ini sangat cocok jika dialamatkan kepada mereka.

Dimasa Covid 19 ini, para pekerja terus diterpa nestapa mulai dari PHK, atau sekedar dirumahkan tanpa gaji. Akibatnya untuk membiayai kebutuhan keluarga mereka tidak bisa.

Deritapun bertambah, pemerintah dan DPR telah mengesahkan Undang– Undang Cipta Kerja yang hingga kini masih diperdebatkan karena dianggap merugikan kalangan pekerja. Belum selesai persoalan UU Cipta Kerja ini, Pemerintah Pusat kembali memberikan kabar duka dengan terbitnya Surat Edaran kepada para gubernur seluruh Indonesia yang meminta agar kepala daerah tidak menaikkan UMP Tahun 2021.

Pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( SPSI) DPD Sumsel Sudirman Hamidi, SH, MH, menyebut, Surat Edaran ini adalah duka untuk kesekian kalinya bagi kalangan pekerja. Menurut aktivis pekerja yang juga menjabat anggota Dewan Pengupahan Provinsi Sumsel ini, seharusnya keputusan sepertini tidak boleh terjadi mengingat kondisi para pekerja dalam kondisi yang mengenaskan.

Lihat Juga :  Ratusan Wartawan di Palembang Meriahkan HUT Kota Palembang Dengan Lomba Gaple

Banyak PHK yang terjadi tanpa kejelasan pesangon, perumahan pekerja tanpa upah hingga kasus lainnya. Hamidi menilai, Surat Edaran membuktikan jika pemerintah tidak berpihak kepada pekerja, karena tidak semua pengusaha terdampak Covid 19, bahkan banyak pengusaha yang masih mendapat keuntungan.

Untuk itu Hamidi meminta Gubernur Sumsel merupakan jalan satu satunya pekerja bergantung saat ini. Hamidi berharap Gubernur Sumsel untuk menetapkan UMP berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015, Pasal 44, dengan mengabaikan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor M/11/HK.04/X/2020 mengingat surat edaran itu bukan merupakan hirarki Perundang Undangan.

“Kami meminta Gubernur Sumsel tetap menetapkan UMP Sumsel berdasarkan Peraturan Pemerintah NO 78 Tahun 2015, Pasal 44,” ujar Hamidi.

Lihat Juga :  Gerakan Indonesia Membaca Usung Tema Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat

Hamidi berharap agar kalangan pekerja di Sumsel bersatu untuk berjuang bersama sembari berdoa semoga Gubernur Sumsel dapat berpihak kepada nasib pekera di Sumatera Selatan.

Reporter: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *