PENDIDIKAN

SMKN 1 Palembang Terapkan Cara Ini, Agar Lulusan Terserap ke Pasar Kerja

Sibernas.com, Palembang-Guna mendorong lulusan SMK Negeri 1 Palembang, langsung masuk ke pasar kerja atau dunia usaha dan dunia industri, pihak sekolah menerapkan pola pembelajaran praktek langsung.

Seperti pada program keahlian pemasaran, SMK Negeri 1 Palembang membuka supermarket dengan nama One Mart yang melayani masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan.

Kepala SMK Negeri 1 Palembang, Suparman mengatakan, One Mart sebagai sarana pembelajaran, di mana anak-anak dihadapkan dengan market atau pasar.

“Jadi di sini mereka belajar penjualan, pembukuan, pemasaran yang langsung kita praktekkan di One Mart ini,” ujar Suparman, Selasa (22/9/2020).

Ia mengaku, di masa pandemi penjualan menurun karena One Mart sempat ditutup, namun saat ini pihaknya tetap membuka One Mart, serta melayani secara umum bagi warga.

“Kita sistem cara piket, bagi anak-anak di sini. Jadi siswa ini kita bagi dari pagi dan siang untuk stand by di One Mart ini,” jelas dia.

Suparman mengatakan, sejauh ini penyerapan lulusan ke dunia industri atau dunia usaha sangat besar.

Alhamdulillah terutama untuk lulusan bagian pemasaran ini kita banyak terserap di dunia usaha,” bebernya.

Fatmawati, Kajur Pemasaran Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Palembang mengatakan, untuk lulusan SMK Negeri 1 Palembang hampir 50 persen terserap di dunia industri atau usaha.

Alhamdulillah terutama untuk jurusan bisnis daring dan pemasaran ini selama ini sudah banyak diserap oleh tenaga kerja seperti di Alfamart dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Ia mengatakan, selama pandemi One Mart SMKN 1 Palembang tetap buka dan melayani masyarakat sekitar.

“Rencana kita akan lakukan juga penjualan secara daring karena sesuai dengan jurusan kita bisnis daring dan pemasaran,” tegas dia.

Katanya, saat ini jurusan ini mulai banyak diminati siswa.

“Ke depan jurusan ini akan banyak peminatnya karena sesuai dengan kebutuhan saat ini yang semua serba online,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto
Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.