KRIMINALITAS

Penyanyi Reza Artamevia Tersangka Kasus Narkoba

Sibernas.com, Jakarta-Polda Metro Jaya menetapkan penyanyi Reza Artamevia sebagai tersangka kasus penyalahgunaan Narkoba. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan penetapan status tersangka Reza saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Minggu (6/9/2020).

“Barang bukti yang diamankan adalah sabu seberat 0,78 gram, dompet, dan ada alat hisapnya yang biasa kita ketahui,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Minggu (6/9/2020).

“Hasil tes urine positif amfetamin atau masuk dalam kategori Narkotika jenis sabu-sabu,” tambahnya

Pasal yang dipersangkakan terhadap Reza adalah pasal 112 ayat 1 subsider pasal 123 ayat 1 UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman paling singkat 4 tahun dan hukuman paling lama 12 tahun penjara.

Kasus ini menjadi kasus kedua bagi Reza Artamevia. Pada 2016 lalu, Reza juga terjerat kasus Narkotika bersama Gatot Braja Musti, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) di Lombok, NTB. Keduanya diketahui mengonsumsi sabu.

Polisi mendapatkan barang bukti sabu dari tangan Aa Gatot Brajamusti dan istrinya, Dewi Aminah, ketika menggerebek kamar Gatot di hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (28/8).

Selain Gatot dan istrinya, ada juga beberapa orang lain di kamar itu. Salah satunya penyanyi Reza Artamevia, yang kemudian ikut diperiksa polisi dan menjalani tes urine. PIhak polisi menjelaskan saat itu hasil tes urinenya positif sabu. Meski demikian polisi tak menemukan barang bukti di tangannya. Sabu hanya ditemukan pada Gatot dan istrinya, Dewi Aminah.

Lihat Juga :  Kebakaran di Hari Kedua Lebaran, Penghuni Rumah Meninggal Dunia

Konsumsi Sabu di Rumah

Reza Artamevia Adriana Eka Suci menambah daftar figur publik yang diciduk Kepolisian terkait kasus penyalahgunaan Narkotika. Penyanyi berdarah campuran Jawa dan Sunda itu ditangkap oleh Polda Metro Jaya, Jumat (4/9/2020), dengan barang bukti berupa sabu.

Dalam pernyataan pada, Minggu (6/9/2020), Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengungkapkan Reza sudah empat bulan mengonsumsi sabu.

“Yang bersangkutan dari hasil pemeriksaan memang mengakui bahwa dia menggunakan sabu ini sekitar 4 bulan semasa Covid-19 ini yang memang sering di rumah saja. Jadi pengakuan, kami masih mendalami terus,” kata Yusri.

Sampai saat ini, pihak kepolisian juga masih mendalami motif penggunaan Narkoba oleh publik figur tersebut. Pasalnya, Yusri mengatakan, setiap publik figur yang ditangkap mengakui menggunakan Narkoba untuk mengisi waktu luangnya.

Keterkaitan Reza dengan Narkoba ini sebenarnya bukan pertama kali. Diketahui, sebelumnya pada 2016, Reza juga terjerat kasus Narkotika bersama Gatot Braja Musti, Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) di Lombok, NTB. Keduanya diketahui mengonsumsi sabu.

Namun di luar dari kasus narkobanya tersebut, Reza dapat dikatakan merupakan salah satu penyanyi senior yang ini banyak dikenal oleh anak muda. Lagunya berjudul Berharap Tak Berpisah pada 2002 silam kembali banyak dilantunkan oleh kaum milenial saat ini.

Lihat Juga :  Kebakaran di Hari Kedua Lebaran, Penghuni Rumah Meninggal Dunia

Reza sendiri merupakan penyanyi hasil besutan pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani. Penyanyi solo wanita itu mulai memasuki dapur rekaman pada 1995 dengan debut album pertamanya yang bertajuk ‘Keajaiban’.

Single Pertama dan Satu yang Tak Bisa Lepas pun laris manis di pasaran setelah mengalami perubahan aransemen diorbitkan kembali pada 1997.

Album yang berisikan sepuluh lagu itu juga membuat Reza mendapat penghargaan musik. Di antaranya adalah Anugrah Musik Indonesia dan MTV. Album ini juga mengantarkan Reza mejadi penyanyi wanita kenamaan Tanah Air.

Tercatat, album bertajuk Keajaiban itu terjual lebih dari 100 ribu kopi. Hal itu menjadi salah satu prestasi yang dicapai bagi penyanyi pendatang baru di masa krisis moneter yang dialami Indonesia pada 1997 silam.

Selain album tersebut, diva pop era ’90-an ini sempat mengaransemen ulang lagu berjudul ‘Dia’ yang dipopulerkan oleh Vina Panduwinata.

Darah seni diketahui mengalir pada darah Reza. Anak dari pasangan Adang Surachman Rachman dan Endang Sri Wahyuni itu memiliki kakek yang mempunyai sanggar tari Jawa.

Editor: Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.