OLAHRAGA

Kalahkan Liverpool Lewat Drama Penalti, Arsenal Juara Community Shield

Sibernas.com, London-Arsenal merengkuh gelar juara Community Shield 2020 setelah mengalahkan Liverpool melalui drama adu penalti, skor 5-4, di Stadion Wembley, Sabtu (29/8/2020) malam WIB.

Laga kedua tim berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Gol Arsenal dilesakkan Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-12. Sementara gol Liverpool dilesakkan oleh Takumi Minamino pada menit ke-73.

The Reds tampil langsung menekan pertahanan Arsenal. Namun, sejumlah serangan balik skuad arahan Mikel Arteta juga kerap merepotkan pertahanan Liverpool. The Gunners pun sempat unggul melalui gol yang diciptakan striker mereka, Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-12.

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol pada menit ke-12.

Gol berawal dari umpan silang Bukayo Saka yang tak mampu dijangkau sundulan Milner. Bola langsung disambar Aubameyang dan bersarang ke gawang The Reds.

Tertinggal 0-1 membuat Sadio Mane dan kawan-kawan semakin menggencarkan serangan mereka ke pertahanan Arsenal. Namun, tak ada gol tercipta hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim besutan Jurgen Klopp tetap tampil mengotot mengurung pertahanan Arsenal. Klopp kemudian menarik keluar Neco Williams dan James Milner pada menit ke-59. Mereka digantikan dengan Takumi Minamino dan Naby Keita.

Takumi Minamino mencetak gol balasan untuk Liverpool.

Strategi Klopp memasukkan dua pemain tersebut pun cukup jitu. Liverpool berhasil membuat gol balasan untuk menyamakan skor 1-1 yang diciptakan Minamino.

Minamino memanfaatkan bola liar tendangan dari Salah yang memantul kembali di dalam kotak penalti. Dia langsung melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung kiper The Gunners Emi Martinez.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Pertandingan langsung dilanjutkan dengan duel adu penalti.

The Gunners pun sukses meraih juara Community Shield melalui adu penalti dengan skor 5-4. Rhian Brewster menjadi satu-satunya pemain Liverpool yang gagal mencetak gol melalui titik putih.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta sangat senang dengan keberhasilan timnya menjuarai Community Shield. Euforia Arteta wajar karena Liverpool adalah tim yang sangat tangguh serta berstatus juara Liga Inggris musim lalu.

Lihat Juga :  Come Back Dramatis, Portugal Kalahkan Republik Ceko 2-1

“Saya sangat senang. Saya tahu tantangan yang kami hadapi hari ini. Terima kasih kepada para pemain atas usaha dan penampilannya,” kata Arteta, mengutip dari BBC, Minggu (30/8/2020).

Sementara Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku sangat kecewa dengan performa anak-anak asuhannya di laga tersebut. Klopp tak menampik bahwa Liverpool memang layak dikalahkan oleh Arsenal.

“Saya menilai bahwa sebenarnya mampu menyamakan kedudukan serta sebenarnya juga bisa mencetak lebih banyak gol di laga ini. Namun sayang itu tidak terjadi,” jelas Klopp, seperti disadur dari Metro.

“Ketika tim Anda bermain menghadapi tim seperti Arsenal dengan formasi seperti itu, maka Anda harus lebih buas, menciptakan banyak peluang, dan lebih segar di dalam kotak penalti lawan. Ritme kami sedikit menurun, kami tidak cukup layak untuk jadi pemenangnya,” tuntasnya.

Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *