PALEMBANG

Banyak Masyarakat Miskin Belum Terima Bantuan Paket Sembako

Sibernas.com, Palembang-Bantuan paket sembako terhadap masyarajat terdampak pandemi Covid-19 tahap ketiga sudah disalurkan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang ke-18 kecamatan dan tingkat kelurahan. Hanya saja tidak semua masyarakat miskin baru (Misbar) menerima dan hanya 49.239 kartu keluarga (KK) saja.

Salah seorang warga Kelurahan 20 Ilir, Rahman mengatakan, semenjak pandemi ia kehilangan penghasilannya lantaran tidak lagi bekerja dan dirumahkan. Kini, ia berjualan makanan keliling yang hanya mampu untuk makan sehari-hari.

“Kita punya banyak kebutuhan untuk anak sekolah dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kalau bantuan dari pemerintah belum dapat, kabarnya ada tahap selanjutnya bantuan sembako, semoga ini mrmbantu kami,” katanya, Sabtu (8/8/2020).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang Heri Aprian mengatakan, bantuan baru selesai didistribusikan ke tingkat kecamatan dan kelurahan. Nantinya akan dibantu oleh RT dan Tim Percepatan Penanganan Covid-19 langsung ke warga yang menerima.

Lihat Juga :  Kejati Sumsel Tahan Oknum Notaris Terkait Korupsi Penjualan Aset Yayasan  Asrama Mahasiswa di Yogyakarta

“Penyaluran ke tingkat kecamatan itu estimasinya 27 Juli sampai 5 Agustus, nanti tim langsung mendampingi ke masyarakat, ada 49.239 paket sembako,” katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya pemkot melakukan pemesanan paket sembako kepada Bulog. Sembako akan sama dengan tahap pertama dan kedua lalu.

“Yakni berisi 10kg beras, 2 liter minyak, 2kg gula dan 1kg tepung terigu,” katanya.

Heri mengatakan, pihaknya telah melakukan berifikasi data Misbar di Kota Palembang. Jumlahnya bertambah sejak awal pandemi Covid-19.

“Total saat ini 94.599 KK, itu paling banyak memang di wilayah Ulu,” jelas dia.

Sejak penerapan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) tahap awal, Misbar telah mendapatkan bantuan paket sembako. Setiap tahap tidak semua Misbar mendapatkan bantuan.

Lihat Juga :  Sembako Gratis Untuk Atasi 12.812 Orang Miskin Ekstrem di Palembang

“Sisa 49.239 KK lagi yang belum mendapatkan bantuan. Nah, kita salurkan di tahap ketiga ini,” katanya.

Walikota Palembang Harnojoyo sebelumnya pun mengakui jika Misbar bertambah. Bertambahnya Misbar di Kota Palembang karena berkurangnya pendapatan masyarakat efek dari Covid-19. Misbar di Palembang baru-baru ini bertambah 11.661 KK dari sebelumnya 82.938 KK.

“Data tersebut diperoleh setelah dilakukan pendataan oleh setiap RT yang kemudian dilaporkan kepada kelurahan sampai ke Dinas Sosial,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.