PENDIDIKAN

SMPN 19 Gelar MPLS Secara Virtual

Sibernas.com, Palembang-Musibah Pandemi Covid-19 di Kota Palembang kini terus mengalami peningkatan secara signifikan. Kondisi tersebut membuat berdampak hampir di semua sektor termasuk pendidikan.

Pasalnya, jelang tahun ajaran baru terpaksa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada 15 Juli 2020 mendatang bakal dilakukan secara Virtual.

Kepala SMP Negeri 19 Drs Maju Simanjuntak, MSi, mengatakan, rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah tuntas dilakukan dengan dua tahap.

Tahap pertama PPDB jalur zonasi, afirmasi, mutasi dan Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) dan telah didapatkan sebanyak 226 siswa. Sedangkan tahap dua melalui jalur Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 126 siswa. Sehingga total PPDB tahun ini pihak SMP Negeri 19 Palembang menerima sebanyak 352 siswa.

“Dan untuk mempedomani ketentuan Kemendikbud, Dinas Pendidikan dan Gugus Tugas bahwa sekolah yang berada di zona orange, kuning hingga merah maka belum ada aktivitas belajar tatap muka. Termasuk kegiatan MPLS nanti kita lakukan secara virtual,” ujarnya, Rabu (1/7/2020).

Ia menambahkan, dalam MPLS virtual nanti tim guru akan menjelaskan bagaimana sistem kurikulum di sekolah, proses belajar, mengenalkan lingkungan sekolah, tata krama hingga mengenalkan para guru.

MPLS tersebut dilakukan layaknya suasana normal, akan tetapi dilakukan secara virtual sehingga saat siswa belajar tatap muka usai Pandemi Covid-19 berakhir maka siswa dan wali murid paham.

“Bagi siswa yang tak terjangkau IT, maka pihak sekolah menghimbau kepada orangtua atau wali murid untuk datang ke sekolah dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan pada saat daftar ulang pada 13 Juli 2020 nanti,” terangnya.

Jadi menurut Maju, bahwa pada daftar ulang nanti pada 13 Juli 2020 pihak sekolah tak hanya memverifikasi raport, KK dan juga berkas kelulusan tapi juga no handphone orangtua agar saat proses MPLS dan pengumuman akan tersampaikan.

“Kita semua berharap Pandemi Covid-19 ini segera berakhir, akan tetapi saat ini masih terus menjadi perhatian sehingga terpaksa MPLS kita gelar secara virtual,” pungkasnya.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *