PALEMBANG
Trending

Tidak Tegas, Hari Pertama Razia Masker, Warga yang Melangggar Tidak Diisolasi

Sibernas.com, Palembang-Penerapan instruksi Walikota Kota Palembang agar semua masyarakat menggunakan masker saat aktivitas di luar rumah mulai dilakukan, Kamis (30/4/2020). Satpol PP Kota Palembang berhasil menjaring 34 orang di persimpangan traffic light (lampu merah) dan langsung dibawa ke Asrama Haji.

Hal ini sesuai dengan instruksi Walikota Palembang Nomor 1 tahun 2020 tentang Peningkatan Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Palembang.

Kepala Satpol PP Kota Palembang GA Putra Jaya mengatakan, sebanyak 80 personil yang dibagi dua regu menindak di Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Petugas mobile ke persimpangan lampu merah dan jalanan, menindak pengendara yang tidak menggunakan masker.

“Pagi ini ada 34 orang yang kita bawa menggunakan bus Trans Musi ke Asrama Haji untuk didata dan diedukasi untuk menggunakan masker,” katanya.

Lihat Juga :  Sembako Gratis Untuk Atasi 12.812 Orang Miskin Ekstrem di Palembang

Ia mengatakan, untuk perdana kali ini masyarakat hanya diberikan edukasi saja. Tetapi di hari kedua mulai diberlakukan sanksi isolasi di Asrama Haji.

“Sudah disiapkan empat bus Trans Musi dan truk Satpol PP dan Dishub untuk mengangkut pelanggar ke Asrama Haji,” katanya.

Sementara itu Kapolrestabes Palembang sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Palembang, Kombespol Anom Setyadji mengatakan, bagi warga baik pengendara motor, mobil hingga pejalan kaki, akan ditindak tegas dan ditangkap jika tidak memakai masker.

“Kita akan tindak tegas bagi siapa yang kedapatan tidak menggunakan masker. Akan kita tangkap, dan kami juga sudah sediakan tempat sel khusus yaitu di Asrama Haji,” ujarnya.

Ia mengatakan, tindakan ini bentuk kedisiplinan. Ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat paham kondisi sekarang sangat berbahaya bagi semua, apabila tidak menggunakan masker.

“Maka kami dari gabungan semua Tim Gugus Tugas akan melakukan penindakan tegas terhadap masyarakat yang tidak menggunakan masker, dan yang tidak patuh dengan aturan tersebut,” katanya.

Petugas dari Satpol PP, Polisi, Dishub bahkan TNI, lanjutnya, akan melakukan penertiban di wilayah keramaian, seperti Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Petugas akan mulai menyebar dari Kodim 0418 Kota Palembang, penertiban akan dilakukan secara mobile atau berpindah-pindah dari satu titik ke titik lainnya.

“Dengan razia yang digelar diharapkan kesadaran masyarakat di tengah kondisi seperti ini akan meningkat, dan mematuhi aturan dengan menggunakan masker bila keluar rumah,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.