PENDIDIKAN

APD Sulit Dicari, SMKN 6 Produksi Hingga 50 Item Perhari

Sibernas.com, Palembang-Ditengah kabar minimnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tim medis yang menangani pasien Corona Virus Disiese (Covid-19), SMK Negeri 6 sebagai salah satu sekolah yang memiliki program tata busana melakukan produksi APD.

Ketua Program Tata Busana SMK Negeri 6 Palembang Meri Yulita, SPd, MSi, mengatakan, ada sebanyak 10 guru dan 30 siswa yang membantu proses produksi APD dan mereka semua adalah siswa yang konsen belajar di program tata busana.

“Sementara jika dilihat dari tingginya permintaan idealnya 60 orang. Karena setiap hari dengan tenaga yang ada kita hanya bisa produksi 30-50 APD,” ujarnya, Kamis (2/4/2020).

Ia menambahkan, proses pembuatan APD sendiri mulai dari menggunting pola secara global, kemudian langsung menjahit yang dilakukan oleh siswa dan juga proses kemasan untuk distribusi.

Lihat Juga :  Ribuan Guru Dijanjikan Uang Insentif Kuota Internet

Sementara itu dikatakan Plt Kepala SMK Negeri 6 Palembang Bambang Riadi, MPd, mengatakan, proses pembuatan APD tidak melibatkan banyak siswa atau guru mengingat ada imbauan pembatasan kerumunan.

Menurutnya, sampai saat ini sudah memproduksi APD selama dua tahap yakni tahap 1 sebanyak 100 unit dan tahap 2 sebanyak 170 unit.

“Pemesanan banyak dari Rumah Sakit dan adanya juga dari Dinas Kesehatan. Selain melayani pemesanan kita juga ada program SMK peduli yang sudah berikan ke Posko BNPB di Pemrov Sumsel,” terangnya.

Meskipun tingginya permintaan, pihak sekolah sulit mencari bahan dasar karena di Palembang tak ada penjualan bahan dasarnya. Untuk itu pihak sekolah memesan secara online di Bandung.

Lihat Juga :  Ribuan Guru Dijanjikan Uang Insentif Kuota Internet

Ada beberapa variatif bahan mulai dari spond bond dan lainnya yang dikemas dengan 4 warna APD yakni putih, hijau, pink dan kuning.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.