BERITA UTAMA
Trending

Meninggal Dunia, Dua Orang Berstatus PDP Dimakamkan Layaknya Pasien Covid 19

Sibernas.com, Palembang-
Dua pasien Rumah Sakit Moehammad Hoesin yang meninggal dunia pagi tadi masih belum diketahui apakah positif corona atau tidak karena saat ini hasil laboratorium belum keluar.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru saat memberikan keterangan pers terkait dua pasien RSMH Palembang, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Kantor Gubernur Sumsel, Senin (23/03/2020).

Deru mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil dari laboratorium terkait dua pasien yang meninggal dunia pagi tadi di RSMH Palembang.

“Ya, ternyata sampai dengan pagi ini belum ada hasil laboratorium terkait dua pasien yang meninggal dunia ini,” katanya

Meskipun belum keluar hasil dari laboratorium, dua pasien yang meninggal tersebut dimakamkan selayaknya pasien yang terkena virus corona atau Covid 19.

“Agar tidak was-was atau mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dua pasien ini untuk penyelenggaraan jenazahnya dilakukan secara pasien yang positif terkena virus corona,” ujar Deru

Deru mengungkapkan, jika nanti hasil laboratorium telah keluar dan salah satunya positif virus corona maka pihaknya akan meningkatkan status yang saat ini masih waspada.

Lihat Juga :  Untuk Pencegahan Corona, Silakan Pakai Dana BOS

“Bila nanti ada yang positif virus corona maka status yang sebelumnya waspada akan kita naikkan menjadi siaga,” ungkapnya

Dijelaskannya, pihaknya juga akan mempersiapkan beberapa tempat atau ruang untuk dijadikan tempat isolasi khusus secondline penanganan virus corona.

“Tadi pagi saya rapat terkait virus corona ini, adapun hasilnya kita akan siapkan Rumah Sakit (RS) Siti Fatimah, RS Ernaldi Bahar, wisma atlit dan asrama haji untuk dijadikan ruang isolasi khusus secondline virus corona jika memang dibutuhkan,” ungkap Deru.

Deru menambahkan, selain itu dirinya juga kembali mengingatkan kepada seluruh warga sumsel untuk meniadakan acara yang mengumpulkan banyak. orang.

“Untuk even yang akan digelar di Provinsi Sumsel seperti MTQ dan Porwada akan kita reschedule (Jadwal ulang) dan juga saya akan mengeluarkan surat edaran ke seluruh kepala daerah untuk melakukan pengawasan dan pemantauan di tempat-tempat hiburan yang ada di masing-masing daerah,” katanya

Sementara itu, Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) dan Juru Bicara (Jubir) Covid 19 di RSMH Dr Zen membenarkan bahwa hasil dari laboratorium untuk kedua pasien yang meninggal tersebut belum keluar.

Lihat Juga :  Keluar Rumah Tak Pakai Masker, Warga Padang akan Didenda

“Untuk hasilnya memang belum keluar dan kedua pasien ini memang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” katanya

Untuk kedua pasien tersebut pihaknya tidak bisa memberikan keterangan terkait identitasnya.

“Yang jelas kedua pasien ini berasal dari Kota Palembang berjenis kelamin laki-laki berumur 54 meninggal pada pukul 05:45 wib dan Kota Prabumulih berjenis kelamin laki-laki berumur 53 meninggal pada pukul 06:15 wib,” ujar Dr Zen.

Dr Zen mengungkapkan, kedua pasien ini pada saat perawatan berada didalam satu ruangan namun kamar yang berbeda. Dan semua orang yang melakukan kontak dengan kedua pasien ini akan kita pantau atau menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Untuk saat ini total PDP berjumlah 13 orang, 6 negatif, 2 orang meninggal dab 5 masih dalam perawatan. Untuk kondisi PDP ringan sampai sedang,” ungkapnya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close