PALEMBANG

Mendadak, Wisata Pedestrian Sudirman Ditutup!

Sibernas.com, Palembang-Guna mencegah penyebaran virus Corona Disease (Covid-19), Pemerintah Kota Palembang membatasi kegiatan yang bersifat mengumpulkan masyarakat dalam jumlah besar. Salah satunya wisata Pedestrian Sudirman yang ditutup sementara.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani, Minggu (19/3/2020). Dia menjelaskan, petugas telah melakukan pemasangan spanduk dan pemberitahuan bahwa atraksi seni dan budaya di Pedestrian Sudirman dihentikan sementara dalam waktu yang tidak ditentukan.

Isnaini mengatakan, penghentian sementara Pedestrian Sudirman baik kegiatan atraksi dan kuliner ini dilakukan dalam rangka pencegahan Covid-19.

“Sesuai edaran walikota, penghentian kegiatan keramaian dihentikan untuk 14 hari ke depan l. Kita belum tahu dihentikan sementara ini dilanjutkan atau tidak. Tapi kita lihat perkembangannya lebih lanjut,” ujarnya.

Lihat Juga :  Pasien Corona ke-12 di Sumsel, Wanita Usia 52 Tahun Asal Palembang

Sementara itu, penghentian sementara juga dilakukan untuk Panggung Seni Taman Ampera. Ada juga kegiatan lainnya seperti membatasi pertemuan seperti audensi dan izim keramaian.

Sekertaris Daerah Setda Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, audiensi pun dibatasi. Selain itu, kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dan mengakibatkan interaksi sosial.

“Apakah itu konser tegas tidak boleh, sedangkan dzikir akbar untuk sementara akan kita evaluasi dan dicek lagi izinnya berkoordinasi dengan Polrestabes,” ujarnya.

Sementara itu, untuk tempat hiburan atau wisata, mall, bioskop dan lainnya, Pemkot Palembang belum bisa mengatakan bahwa harus ditutup sementara, hanya saja diharapkan ada peran serta dari pihak terkait untuk membatasi massa dalam jumlah besar dan melakukan interaksi sosial.

Lihat Juga :  Pasien Corona ke-12 di Sumsel, Wanita Usia 52 Tahun Asal Palembang

“Ini sebenarnya masih dalam kajian Walikota, karena pertimbangannya adalah sumber PAD dan perekonomian. Makanya untuk sementara yang ditutup atau bekerja dan belajar dari rumah adalah sekolah dan ASN dan Non PNSD,” katanya.

Untuk mengoptimalkan tersebut, Pemkot meminta agar tim dari Dinas Pendidikan khususnya untuk mengecek agar pelajar benar belajar di rumah dan bukan berkeliaran ke mall atau lainnya.

“Kita pantau untuk pengawasan dilapangan. Kominfo pun di Halo Palembang sudah menyiapkan informasi terkait Virus Covid-19 ini. Sampai tingkat bawah pun kita kerahkan,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close