EDUKASI

Guru Kimia SMAN 3 Ubah Lidah Buaya Jadi Hand Sanitizer

Sibernas.com, Palembang-Sulitnya mencari hand sanitizer atau cairan pembasmi virus di berbagai toko membuat masyarakat mulai membuat hand sanitizer sendiri.

Apalagi hand sanitizer ini juga menjadi langkah pencegahan dalam peredaran covid-19. Setelah sebelumnya guru Kimia MAN III Palembang, kini giliran guru SMAN III Palembang yang meracik bahan kimia tersebut menjadi hand sanitizer.

Guru Kimia SMAN III Palembang Sofyan Alie, MT, mengatakan untuk pembuatan hand sanitizer sebetulnya tak membutuhkan waktu lama dan bisa langsung pakai.

“Hanya saja komposisi dari hidrogen Piroksida yang sulit dicari. Makanya kita ubah dengan kandungan lidah buaya,” ujar Sofyan.

Ia mengatakan, proses pembuatan hand sanitizer sendiri awalnya lidah buaya dibersihkan, dikupas dan dipotong kecil-kecil kemudian di blander. Hasil dari proses blender tadi disaring dan diambil 100 mili.

Lihat Juga :  Tidak Semua ODP Dirawat di Rumah Sehat. Ini Persyaratannya!

Setelah itu campurkan dengan alkohol 70 persen. Sehingga antara lidah buaya dan alkohol kandungannya 1 banding 7.

“Dan terakhir kita tambahkan cologne untuk pewangi campur dan bisa langsung dipakai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menyiapkan komposisi yang ada dalam hand sanitizer setiap 1 liter hand membutuhkan biaya Rp150.000 untuk bahan-bahan nya.

Sofyan mengatakan produksi hand sanitizer yang dibuat hanya dipergunakan untuk internal sekolah. Baik siswa dan guru menggunakan nya saat masuk ruangan dan keluar untuk istirahat.

“Ini ide dari Ibu Kepala Sekolah (Pungki-red) untuk membuat hand sanitizer dan ini untuk kalangan sendiri,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close