EKONOMI

Dampak Corona Hunian Hotel Berkurang

Sibernas.com, Palembang-Indonesia sebagai Pandemi Corona berdampak pada okupansi / tingkat hunian hotel di Palembang. Bahkan, saat ini perhotelan menunda mengeluarkan promo untuk setelah masa low season Januari hingga Maret ini.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan (Sumsel) Herlan Aspiudin mengatakan, saat ini perhotelah pun sudah diimbau untuk waspada. Seperti menyiapkan alat pedeteksi suhu tubuh juga menyiapkan sanitizer.

“Saat ini kita antisipasi. Dampak Corona memang membuat okupansi menurun. Saat ini hanya 50 persen,” katanya, Senin (16/3/2020).

Turunnya okupansi hotel di Palembang menurutnya masih tidak terlalu signifikasn jika dibandingkan dengan Bali yang hanya tinggal 15 persen. Sebab, kota-kota lain mengandalkan Wisatawan Mancanegara (Wisnus). Sementara Palembang mengandalkan Wisatawan Nusantara (Wisnus).

Lihat Juga :  Pasien Corona ke-12 di Sumsel, Wanita Usia 52 Tahun Asal Palembang

“Walaupun tidak signifikan tapi okupansi kita turun, belum lagi saat ini sedang low season Januari – Maret,” katanya.

Menurutnya, perhotelan di Palembang tidak menutup akses sebab belum ada perintah dari pemerintah setempat. Jika pun ada, pihaknya akan melakukan efisiensi dari pengeluaran perhari hotel.

“Sekarang juga hotel belum berani mengeluarkan promo, dikawatirkan sudah mengeluarkan promo besar-besaran tapi tidak ada hasilnya, sekarang hotel masih calm down,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close