SYARIAH

Penuhi Syarat Ini, Masjid dan Mushola Dapat Bantuan Dana Hibah

Sibernas.com, Palembang-Ribuan masjid dan musholah di Kota Palembang menjadi wadah umat muslim beribadah. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meyakinkan setiap tahunnya memberikan dana hibah untuk memakmurkan masjid dengan syarat sudah teregistrasi.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Palembang Nur Ainun mengatakan, ada sekitar 2.000 masjid dan musholah di Kota Palembang sekitar 1.500 yang teregistrasi.

“Pengurus masjid atau musholah bisa mengirimkan proposal. Salah satu syaratnya memang harus sudah teregistrasi oleh Kemenag,” kata Nur Ainun, Rabu (11/3/2020).

Penerima dana hibah rumah ibadah yakni musholah, masjid dan majelis taklim yang ada di Kota Palembang. Pihaknya meminta lurah dan camat untuk menginformasikan hal itu kepada masyarakat.

“Rumah ibadah yang belum diperbaiki agar segera disampaikan, serta membahas masalah pencairan dana masjid mereka dengan melapor ke bagian BPKD dan bagian Kesra,” jelasnya.

Bantuan untuk memakmurkan masjid ini dengan memberikan dana hibah yang telah dianggarkan sesuai usulan masyarakat terhadap bantuan masjid, musholah atau majelis taklim.

“Untuk saat ini kita tidak membatasi berapa kuotanya, tapi tahun lalu saja ada ratusan yang mendapatkan bantuan,” katanya.

Setiap masjid akan mendapatkan bantuan sekitar Rp20 juta dan musholah sekitar Rp15 juta. Bantuan ini prosesnya berupa hibah, dikirim dengan transfer. Setelah mengajukan profosal, kemudian akan diverifikasi ke lokasi dan bukan bantuan tunai.

“Nilai bantuannya bervariasi, mulai Rp10 juta untuk majelis taklim,” katanya.

Pihaknya mengakui masih banyaknya masjid dan musholah yang perlu diperbaiki. Namun pihaknya tidak bisa menyatakan standar kelayakan sebuah rumah ibadah tersebut. Masjid sendiri memiliki beberapa tipe, A, B dan C. Misalnya yang type A dilengkapi AC, ada perpustakaan, imam tetap dan lainnya.

“Untuk tipe ini waktu itu sedang dikaji,” ujarnya.

Pemkot Palembang memberikan jeda waktu tiga tahun sekali bagi penerima bantuan. Seperti bantuan tahun 2020, maka baru bisa kembali mengusulkan bantuan pada 2023 mendatang. Bantuan tersebut tidak terbatas, semua bisa mengusulkan tanpa harus menunggu walikota solat Subuh berjamaah di masjid tersebut bersama masyarakat.

“Untuk dana tersebut diberikan dengan menyertai nomor rekening masjid masing-masing,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close