OLAHRAGA
Trending

Dana Hibah KONI Sumsel Tetap Dikelola Dispora, Ini Alasannya

Sibernas.com, Palembang-Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel (Dispora) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan akan tetap mengelola dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel. Dana hibah yang diperuntukkan sebesar Rp24 miliar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Selatan Akhmad Yusuf Wibowo menjelaskan, mereka tetap mengelola dana hibah KONI untuk keamanan administrasi, serta lebih mudah diawasi dan dikendalikan.

“Ada tiga hal yang harus diperhatikan mengenai anggaran, yakni pengambilan, pertanggungjawaban, dan laporan, dan itu mekanis yang harus dipenuhi,” ujar Akhmad Yusuf Wibowo saat menerima audensi jajaran pengurus KONI Sumsel, Rabu (12/2/2020).

Ketiga hal itu menurutnya harus dikelola dengan akuntable dan jelas pertanggungjawaban. Dia juga menampik terkait ada kemungkinan hibah dikembalikan ke KONI Sumsel.

Lihat Juga :  KONI Sumsel Monitoring Atlet PON Papua 2020

“Sejauh ini kami tetap berpegang teguh pada Peraturan Gubernur (Pergub). Mengenai ketidak puasan cabor terkait bantuan tahun ini merupakan awal agar sistem administrasi lebih aman, sehingga dinilai lebih baik di Dispora. Kalau di Dispora, pertanggung jawaban lebih aman, karena kita tetap mengacu pada Pergub untuk membagi anggaran yang ada,” tegasnya.

Dia juga membantah jika pengelolaan
dana yang ketat dan terlalu sedikit bagi atlet ini membuat atlet dan pengurus cobor yang berlaga di PON Papua, berimbas kepada penurunan prestasi. Yusuf meminta hal itu jangan dijadikan alasan, kendati pembinaan dan anggaran kolektif.

“Karena anggaran terbatas, kita harap yang berprestasi saja yang dikembangkan,” ujarnya.

Lihat Juga :  KONI Sumsel Monitoring Atlet PON Papua 2020

Menanggapi adanya wacana akan dikembalikannya hibah ke KONI Sumsel, Ketua Umum KONI Sumsel, Hendri Zainuddin menyambut baik jika itu memang dilaksanakan. Namun, hal tersebut dikembalikan ke Dispora, karena wewenang ada di sana dan aturannya mereka dinilai lebih memahami.

“Kalau kita selalu menyambut baik hal begitu, selama itu untuk kemajuan pembinaan atlet di daerah ini. Namun hal ini kembali lagi kepada Dispora, apakah mau mengembalikannya, karena mereka punya aturan terkait itu,” ucapnya.

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close