SYARIAH

Habib Ali Ajak Siswa Berdakwah Secara Milenial

Sibernas.com, Palembang-Pada hakikatnya tugas sesama manusia adalah saling mengingatkan. Bukan hanya orangtua kepada anak tapi juga sesama rekan sejawat. Pun juga pelajar sebagai generasi muda yang tengah mencari jati diri.

Demikian mengemuka pada ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Habib Ali Zainal Abidin AlMahdihij pada pembukaan Festival Seni Budaya Islam di Pelataran SMA Negeri 1 Palembang, Senin (10/2/2020).

“Jadi siswa-siswi boleh ngajak nongkrong di cafe. Nah pas momen tertentu, selipkan ajakan kebaikan. Misal lagi di tempat sesuatu jam 8, bilang ke teman sholat dhuha dulu ya. Atau kalau saat ada pertemuan jam 12.00 bilang dan ajak ke temannya, sebaiknya sholat dulu,” ajaknya.

Hal-hal ringan tersebut menurut Habib Ali akan membuat sesa teman saling mengingatkan dan utamakan memberi teladan. Sehingga ada sebuah ajakan tanpa menggurui.

Pihaknya berharap sebagai siswa-siswi harus menjadi garda terdepan dari para milenial untuk menyeru kebaikan dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Senada dengan itu dikatakan Kepala SMAN 1 Palembang, Nasrul Bani mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh SMAN 1 Palembang tiap dua tahun sekali.

Pada momen kali ini, dihadirkan dua ustaz kondang yakni Habib Ali Zainal Abidin AlMahdihij yang terkenal di Mancanegara dan Ustaz Dr Das’ad Latief,SSos,S.g,MSi, PhD yang terkenal di Indonesia ada di youtube berasal dari Makassar.

“Ini kegiatan rutin agenda dua tahun kita dengan mengundang para tokog agama nasional dan internasional,” jelasnya.

Kali ini, pihaknya mengundang ustad Habib Ali Zainal Abidin AlMahdihij yang terkenal di mancenegara dan Ustad Dr Das’ad Latief,S.Sos.,S.Ag.,M.Si., Ph.D.

“Kegiatan hari ini adalah puncaknya. Sebenarnya kegiatan ini digelar sejak kemarim selama dua hari dengan berbagai macam lomba,” ujarnya.

Menurutnya beberapa lomba diantaranya adalah lomba hadroh, kaligrafi, nasyid dan lain sebagainya yang mengandung nilai islami.

“Kegiatan ini diikuti oleh 36 sekolah yang ada di Sumsel seperti dari Prabumulih, Ogan Ilir, Banyuasin dan lain sebagainya,” ungkap dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Riza Pahlevi mengatakan, kegiatan ini sangat baik terutama untuk meningkatkan keimanna dan ketaqwaan siswa.

“Ya kegiatan ini sangat bagus apalagi mengundang dua ustad kondang yang bisa memotivasi para siswa yang ada disini,” jelasnya.

Kegiatan ini, kata dia, jelas sangat patut untuk dicontog sekolah lainnya karena kepala sekolah dituntut memiliki 4G yakni Gagasan, Gerakan, Gaul dan Gila.

“Saya selalu menekankan kepsek di Sumsel ini harus memiliki 4G yakni gagasan, gerakan, gaul dan gila dan salah satu kegiatan ini adalah gerakan yang dilakukan kepala sekolah,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close