PENDIDIKAN

Cara Disdik Sumsel Tangkal Penyebaran Wabah Virus Corona

Sibernas.com, Palembang-Kendati wabah virus corona belum terjadi di Sumsel dan Indonesia pada umumnya, namun berbagai pihak melakukan antisipasi sejak dini dengan melakukan berbagai sosialisasi dan pencegahan.

Tak terkecuali pihak Dinas Pendidikan Sumsel, yang tak ingin para pelajar bisa terkena virus yang telah mewabah di China tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Reza Fahlevi pun telah melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumsel untuk melakukan upaya pencegahan.

“Kalau Dinkes minta pakai masker, kota himbau. Tapi saat ini belum, kita terus berkordinasi agar anak-anak kita tetap sehat,” ujar Reza, Kamis (6/2/2020).

Selain itu Reza mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan akan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah mulai dari tingkat PAUD hingga SMA menyangkut kewaspadaan terhadap virus corona.

“Kami minta sekolah-sekolah untuk memberikan peringatan dan sosialisasi ke siswanya agar menjaga pola hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum makan dan setelah makan, mengonsumi makanan bergizi dan pola hidup sehat lainnya,” urainya.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap penularan virus corona yang bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan akut bahkan kematian.

Sesuai sosialisasi dari Kementerian Kesehatan, pencegahan yang bisa dilakukan di antaranya sering mencuci tangan menggunakan sabun, penggunaan masker bila batuk atau pilek, berhati-hati saat kontak dengan hewan, dan konsumsi gizi seimbang.

“Jadi kami komitmen, sedini mungkin anak-anak tahu tentang virus corona dan pencegahannya karena virus itu kan sangat membahayakan. Pihaknya akan mengandeng Dinas Kesehatan untuk sosialiasi ke guru-guru,” ucapnya.

Selain melakukan sosialisasi tentang pencegahan virus corona, sekolah juga diminta untuk mengantisipasi apabila di lingkungan sekolah ada yang mengalami gejala penyakit yang kemungkinan disebabkan oleh virus corona.

Lihat Juga :  Siap-siap! Ini Jadwal PPDB SMK Negeri di Sumsel Tahun Ajaran 2024-2025

“Apabila terjadi kelainan-kelainan menyangkut gejala-gejala virus corona harus segera ke puskesmas maupun dokter terdekat,” tandasnya.

Reza menambahkan, baru-baru ini ada sembilan mahasiswa asal Sumel baru pulang menimbah ilmu di Wuhan, Cina, Mereka yang baru pulang ini telah menjalani prosedur evakuasi kesehatan yang standar terjangkit atau tidak.

“Meski dari hasil pengecekan hasilnya negative virus Corona, Dinas Kesehatan Sumsel akan terus melakukan pemantauan kesehatan kepada sembilan mahasiswa tersebut selama 14 hari setelah kedatangan,” ujarnya

“Kalau masih ada mahasiswa di Sumsel yang berada di negara Cina, nantinya pemerintah Sumsel, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan akan membantu kepulangan mereka, hal ini akan dibicarakan terlebih dahulu kepada Gubernur, Seketaris Daerah (Sekda) Sumsel untuk mencari solusinya,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.