BERITA UTAMA
Trending

Sumsel Desak PSSI-FIFA Tunda Penetapan Stadion Piala Dunia U-20

Sibernas.com, Palembang-PSSI dan FIFA sudah menyepakati venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia. Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 bakal berlangsung pada 24 Mei-12 Juni.

Berdasarkan risalah rapat Piala Dunia U-20 2021, FIFA menetapkan enam stadion yang menjadi venue atau tempat pertandingan Piala Dunia U-20, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali.

Artinya ada empat stadion yang dipastikan tidak akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021, antara lain Stadion Patriot di Bekasi, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Jakabaring di Palembang, dan Stadion Wibawa Mukti di Bekasi.

Tidak masuknya Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, sebagai satu-satunya stadion di luar Pulau Jawa sangat disesalkan banyak pihak. Pasalnya, semangat Piala Dunia U-21, harusnya tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya Pulau Jawa.

Seperti yang diungkapkan
Ketua Bidang Kompetisi Aprov PSSI Sumatera Selatan Faisal Mursyid, yang mempertanyakan dasar penunjukan keenam stadion tersebut. Dia beralasan, keputusan penunjukan tidak melibatkan nominasi 10 host city.

Apalagi, 10 host city telah menandatangani agreement sebagai host city, khususnya Palembang, Sumatera Selatan, agreement ditandatangni langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dengan PSSI dalam suatu acara di Griya Agung Palembang, 27 Agustus 2019.

“Lalu, inspeksi dari FIFA belum dilakukan, sudah ditunjuk 6 kota host city, kenapa dan ada apa?,” tanya Faisal Mursyid dalam rilis yang diterima Sibernas.com, Jumat (24/1/2020).

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) itu menambahkan,
FIFA dalam menunjuk tuan rumah setiap event resmi, pasti mempunyai check list kesiapan tuan rumah, antara lain insfrastruktur utama (Stadion Utama), insfrastruktur pendukung seperti jalur transportasi terkoneksi, moda transportasi, hotel, bandara, rumah sakit, jarak dan waktu dari venue pertandingan ke bandara, hotel , rumah sakit dan lain lain.

Nah, Stadion Utama Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang di Komplek Jakabaring Sport City Palembang, dilengkapi 4 lapangan latihan berjarak sekitar 250 meter dari stadion utama, antara lain lapangan sepakbola atletik luar, lapangan sepakbola atletik dalam, lapangan baseball yang memenuhi syarat usulan hasil survey.

Selanjutnya, lapangan panahan yang memenuhi syarat, usulan hasil survey. Dan 1 stadion pendamping atau sebagai tempat latihan, yaitu Stadion Bumi Sriwijaya, yang berjarak 4 kilometer dari Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.

“Tidak hanya itu, Palembang sukses menyelenggarakan Asian Cup 2007, AFF U 16, SEA Games 2011, Asean University Games, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games (ISG), AFF Woman 2018 dan Asian Games 2018, khusus Football Woman level Tier 1, World Cup Level, dan lain-lain,” sesalnya.

Selain kesiapan infrastruktur kata Faisal, adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) dari host city yang mempunyai pengalaman melaksanakan event sebesar World Cup.

“Untuk itu, kami meminta PSSI dan FIFA meninjau dan menunda keputusannya, sampai dengan adanya check kesiapan secara menyeluruh atas semua aspek yang mendukung terlaksananya
FIFA World Cup 2021 dari 10 host city yang dinominasikan,” tutup Faisal.

Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close