EDUKASI

48 Guru Terbaik Ikuti Bimtek Penyusunan Soal USBN

Sibernas.com, Palembang-Sebanyak 48 guru terbaik dari kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Riza Fahlevi, MM, mengapresiasi dan merespon positif kegiatan bimbingan teknis peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal untuk satuan pendidikan tahun 2020.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),” ujar Riza Fahlevi saat membuka Kegiatan Bimtek di Aula SMAN 1 Palembang, Rabu (22/1/2020).

“Peserta guru terbaik dan terpilih mewakili kabupaten/kota di Sumsel yang terdistribusi menjadi 13 guru mata pelajaran,” tambahnya.

Lihat Juga :  Terinspirasi Najwa Sihab, Nayla Ardelia Berprestasi Lewat Menulis

Kata Riza, ciri-ciri guru proferional dalam menghadapi abad 21 antara lain, memenuhi kompetensi pendidik, dibutuhkan bagaimana guru mempunyai keterampilan agar peserta didiknya dapat berfikir kritis, inovatif, kreatif , komunikatif dan bisa berkolaboratif.

“Guru-guru ini pastinya harus paham dan bisa IT,” ucapnya

Kemudian, memupuk jiwa korsa guru, jangan sombong, jangan ego dan jangan merasa hebat sendiri.

“Tolong guru di SumSel mampu membangun kebersamaan rekan sejawat, saling mengisi satu sama lain,” sebutnya.

Tak hanya itu, sambung Riza, guru juga harus mampu memiliki jiwa sosial.

“Guru dan kepala sekolah agar memiliki dua hal, pertama MIKIR ( Mimpi, integritas dan inovasi, kekompakan dan kesatuan, imajinasi, Refleksi). Kedua, BIJAK (Belajar, Iman tak tergoyakan, Jujur, Analis dan adil, Kewirausahaan,” pungkasnya.

Lihat Juga :  Terinspirasi Najwa Sihab, Nayla Ardelia Berprestasi Lewat Menulis

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close