SYARIAH

Khotbah Jumat : Apa yang Diperbuat di Dunia, Akan Dipertanggungjawabkan di Akhirat

Sibernas.com, Palembang-Dunia ini adalah tempat persinggahan sementara, sebelum menuju akhirat, tempat pembalasan semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia.

Demikian benang merah dari khotbah Salat Jumat yang disampaikan
Ustadz Agus Jaya Saputra, Lc, MHum, saat memberikan Khotbah Jumat di Masjid Raya Jalan Torpedo, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Jumat (10/1/2020). Adapun tema khotbah yang diangkat adalah pertanggung jawaban atas apa yang dilakukan di dunia ini.

“Rasulullah SAW bersabda, tidak akan bergerak kedua telapak kaki manusia di akhirat kelak di Padang Mashar, tempat di mana manusia dikumpulkan semuanya. Dia tidak akan mampu berpindah dari tempat itu sebelum dia mempertanggung jawabkan empat hal,” kata Ustadz Agus Jaya Saputra
mengutip sebuah hadist At-Tardmizi dan Ibnu Hibban.

Dia menjelaskan, keempat hal tersebut adalah, tentang umur mu dihabiskan untuk apa saja apa yang kau isi dalam umur mu, apa yang telah kau torehkan dalam umur mu, apakah kau sudah menjadi manusia terbaik.

“Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling baik kepada manusia lainnya, atau justru engkau tidak menorehkan apa-apa dalam umur mu,” terangnya.

Yang kedua, tentang badan mu, bagaimana kau hancurkan tubuh yang demikian kuatnya gagah perkasa indah menawan, tampan rupawan.

“Apa yang kamu perbuat dengan tubuh mu, ketika Allah berikan tubuh itu, ketika segala kemampuan ada padamu, apa yang engkau torehkan, hingga saat ini tubuhmu hanya tulang berbungkus kulit yang rapuh, apakah badan mu digunakan untuk bermanfaat dengan yang lain, atau dengan badan mu yang perkasa itu mendzhalimi yang lain,” lanjutnya.

Ketiga adalah pertanggung jawaban tentang harta mu, bagaimana engkau memperoleh harta mu, apakah engkau memperoleh harta mu demikian banyaknya dengan jalan yang hina, atau dengan jalan yang tidak merugikan orang lain. Apabila harta itu telah dimiliki, maka Allah akan bertanya bagaimana kau habiskan harta mu, apakah kau habiskan harta mu dengan benar, apakah engkau sudahgunakan untuk berjihad di jalan Allah.

“Terakhir tentang ilmu mu, apa yang engkau lakukan dengan ilmu mu, lantaran ilmu mu engkau memperoleh kekuasaaan. Apakah dengan ilmu yang engkau peroleh itu engkau sudah berbuat kebaikan kepada orang lain, atau dengan ilmu yang engkau peroleh justru menyakiti orang lain. Empat hal ini akan ditanya semua di hadapan Allah dan kita tidak akan beranjak dari tempat kita masing-masing kecuali itu sudah kita pertanggung jawabkan,” tutup Ustadz Agus.

Reporter : Dicky/CW 1
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close