PALEMBANG

Asik, RT/RW Diberi Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan

Sibernas.com, Palembang-Memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada para honorer, RT/RW, guru ngaji dan marbot saat ini sedang dikaji oleh Pemerintah Kota Palembang. Pada tahap awal setidaknya ada 5000 orang yang akan dianggarkan setiap bulannya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, saat ini Pemkot melalui Bappeda dan Inspektorat Kota Palembang tengah mengkaji untuk memberikan BPJS Ketenagakerjaan ini kepada ribuan honorer, ketua RT/RW hingga para guru ngaji, marbot yang ada di Kota Palembang.

“Memiliki mobilitas yang tinggi, kita melihat para honorer, ketua RT/RW, guru ngaji hingga marbot ini sangat penting untuk kita berikan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Fitrianti Agustinda, Rabu (8/1/2020).

Hanya dengan membayar iuran Rp16.800 per bulan, jaminan yang didapatkan oleh para peserta sangat besar. Seperti saat peserya meninggal dunia karena kecelakaan, maka ada jaminan yang dicover oleh BPJS hingga anak-anak yang masih bersekokah pun juga dijamin sampai ke perguruan tinggi.

Lihat Juga :  Ratu Dewa Janjikan Insentif RT dan RW Kota Palembang Naik

Setidaknya ada 5000 orang RT/RW di Kota Palembang yang saat ini sedang dihitung berapa banyak yang sudah menjadi peserta dari pekerjaannya saat ini.

“Ada dari mereka itu yang sudah punya BPJS Ketenagakerjaan dari kantor tempatnya bekerja, kita tinggal memperhitungkan yang belum punya dan akan dianggarkan,” katanya.

Jika Pemkot Palembang memberikan fasilitas ini kepada 5000 orang, maka anggaran setiap bulan yang harus disiapkan sekitar Rp48 juta. Ia menilai, layaknya mereka mendapatkan fasilitas ini karena pekerjaan mereka ini juga beresiko sehingga pemkot sangat perlu untuk mengupayakan agar tercover dari sebuah jaminan atau perlindungan.

“Ada beberapa kota yang sudah memberlakukan ini contohnya Medan. Kita sempat panggil pihak BPJS Ketenagakerjaan bertanya mengenai manfaat ternyata sangat luar biasa,” jelasnya.

Lihat Juga :  Ratusan Aktivis Sumsel dan Orang Tua Siswa Demo di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumsel, Ini Tuntutannya

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *