SUMSEL

2020, Tol Kapal Betung Harus Rampung

Sibernas.com, Palembang-Pembangunan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) ditargetkan rampung atau selesai pada 2020. Hal ini diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat diwawancarai di Griya Agung, kemarin.

Deru mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menargetkan pembangunan jalan tol kapal betung akan selesai pada 2020 mendatang.

“Ya, kita targetkan pembangunan jalan tol ini rampung pada 2020, sehingga pada 2021 bisa dioperasionalkan,” kata Herman Deru.

Pihaknya menargetkan 2020 pembangunan Jalan Tol Kapal Betung rampung,atau selesai, dikarenakan kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan nasional.

“Percepatan pembangunan ini didasari oleh kebutuhan mendesak, mengingat kemacetan yang kerap terjadi di ruas jalan nasional. Maka dari itu kita targetkan pengerjaan rampung pada 2020,” ujar Deru

Lihat Juga :  Dua Calon Sapi Kurban Presiden di Cek Kesehatan

Deru mengungkapkan, keinginan pihaknya untuk mempercepat pembangunan jalan tol Kapal Betung mendapatkan dukungan dari Kementerian PUPR.

“Saya bersyukur keinginan untuk percepatan pembangunan infrastruktur langsung ditanggapi positif oleh Kementerian PUPR. Tinggal action saja sebab ini bukan tender, sudah ada dari Waskita yang akan mengerjakan. Yang penting logsegmen bisa terbangun dulu baru lainnya seperti rest area menyusul,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk mendukung pembangunan ini, Kementerian PUPR telah menyetujui untuk dilakukan pelebaran ruas jalan di KM 20 Palembang-Air Batu dan untuk dananya menggunakan dana APBN.

“Kalau Palembang-Kayuagung sudah selesai meski masih Exit Tol sementara di Jakabaring karena harus melanjutkan Jembatan Keramasan lalu Jembatan Pulokerto (Musi III). Jadi tinggal lanjutan pembangunan Palembang-Betung. Pengerjaan ruas Palembang-Betung bisa selesai lebih cepat karena tidak banyak harus dilakukan penimbunan,” jelasnya.

Lihat Juga :  14 Juli, Kasus Positif Covid19 di Sumsel Bertambah 51 Kasus, Sembuh 19 Orang

Sementara itu, Anggota BPJT Kementerian PUPR Koentjahjo Pamboedi menambahkan, pada Oktober 2019 nanti direncanakan akan dilakukan peresmian pada ruas tol Kapal Betung di segmen Kayuagung hingga Jakabaring sepanjang 33 kilometer.

“Pengerjaan untuk Palembang-Betung masih on progress sesuai yang dijadwalkan. Untuk Pematang Panggang-Kayuagung, Pematang Panggang-Terbanggi Besar, Agustus ini akan diresmikan Presiden rencananya,” ujarnya

Menanggapi ruas tol yang masih dalam fungsional, Koentjahjo mengatakan, memang masih banyak yang harus dimaksimalkan seperti persoalan lampu penerangan dan juga transaksi pembayaran.

“Kalau masih tahap fungsional memang masih banyak kekurangannya. Tapi yang terpenting adalah sosialiasi terkait pembayaran tol yang kini sudha diwajibkan cashless menggunakan e-money,” pungkas dia.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close