PALEMBANG

2020 targetkan pembangunan 100 ribu perumahan baru

Sibernas.com, Palembang- Kepala dinas Perumahan rakyat dan kawasan permukiman (Perkim) Sumsel, Basyaruddin mengatakan dari jumlah keseluruhan penduduk Sumsel, masih banyak warga yang belum memiliki tempat tinggal. Dari data mereka keterbutuhan akan tempat tinggal itu mencapai 480 ribu rumah. “Kami menarget pembangunan rumah bagi warga Sumsel karena setiap tahun kebutuhan masyarakat untuk memiliki hunian rumah itu akan terus bertambah,” katanya, Senin (25/11).

Setiap tahunnya Dinas Perkim selalu menargetkan pembangunan kawasan hunian baru bagi masyarakat khususnya golongan menengah ke bawah. Untuk tahun 2019 saja pihaknya menarget terealisasi 60 ribu rumah. Sedangkan tahun 2020 mendatang target itu meningkat menjadi 100 ribu kawasan rumah baru. “Setiap tahun kita menargetkan, pembangunan, untuk tahun depan target bisa 100 ribu unit rumah yang akan dibangun,” ujar Basyarudin.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Basyarudin mengungkapkan, untuk memenuhi target itu, pihaknya memberikan jalan bagi pengembang property dan daveloper untuk membangun perumahan bersubsidi di Sumsel bagi masyarakat. Basyaruddin menilai keterbutuhan paling besar di wilayah Sumsel, ada di Kota Palembang. Pertumbuhan masyarakat di Palembang meningkat pesat dibanding 17 kabupaten Kota lainnya. “Kami mendorong daveloper untuk membangun perumahan sebanyak-banyaknya. Apa lagi laju pertumbuhan di Kota Palembang yang paling besar sehingga, warganya lebih banyak yang membutuhkan rumah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemerintah pusat mencatat laju pertumbuhan itu meningkat seiring makin banyaknya pasangan muda mudi yang menikah. Otomatis kebutuhan akan perumahan juga meningkat. “Pemerintah pusat saja mencatat pasangan baru yang menikah di Indonesia pada tahun ini saja mencapai 834 ribu pasangan. Sehingga memang setiap tahun itu kebutuhan rumah bakal terus meningkat,” jelas Basyarudin.

Lihat Juga :  1573 Warga Binaan Kelas 1A Palembang Mendapatkan Remisi, Satu Diantaranya Hirup Udara Bebas

Basyaruddin menambahkan, untuk setiap target yang dicanangkan oleh pemerintah, pihaknya akan membiayai pembangunan melalui kredit mikro dari salah satu bank yang sudah dirujuk oleh pemerintah. Selain itu juga pihaknya juga akan membantu melalui koperasi bila dalam pengajuan ke bank, ada masyarakat yang terkena BI Checkingnya tidak bagus. “Kami juga nantinya akan membantu dalam prasarana rumah mereka seperti akses pengecoran jalan dan drainase,” katanya.

Reporter : Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.