NASIONAL

Pecah Kongsi dengan Garuda, Sriwijaya Air Tunda Penerbangan

SIBERNAS.com, jakarta – Operasional Sriwijaya Air Group berpotensi terkendala karena kerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terhenti. Salah satu kendala operasional yang paling mungkin terjadi adalah penundaan sejumlah jadwal penerbangan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Teknik Sriwijaya Air Romdani Ardali Adang Kamis (7/11). “Iya (layanan terganggu karena terhentinya kerja sama dengan Garuda Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan layanan operasional di sejumlah wilayah juga terganggu karena perusahaan belum memenuhi kewajibannya.

Ditanya pada kesempatan yang berbeda, Komisaris Sriwijaya Air Jeff Jauwena menyebut potensi penundaan penerbangan (delay) akibat terhentinya layanan kebandarudaraan dari PT Gapura Angkasa.

Gapura Angkasa adalah perusahaan patungan yang didirikan tiga BUMN, yaitu Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero), yang bergerak di bidang usaha jasa ground handling dan kegiatan usaha lainnya yang menunjang usaha penerbangan di bandar udara.

Lihat Juga :  Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Abu Dhabi

Namun, Jeff tidak mengungkap secara pasti jumlah penerbangan yang akan tertunda. “Pasti ada delay. Ini kami coba rapatkan untuk cari solusinya,” imbuh dia.

Selain maskapai Sriwijaya Air, Gapura juga disebut-sebut menghentikan layanan kebandarudaraan terhadap NAM Air. Menurut Jeff, penghentian layanan tersebut dilakukan secara mendadak berdasarkan keinginan dari pihak Garuda Indonesia.

Akibatnya, sejumlah layanan kebandarudaraan, seperti ground handling, check in, dan aktivitas penunjang penerbangan harus dilakukan secara mandiri oleh Sriwijaya sementara waktu.

“Itu memang iya. Itu permintaan mereka (Gapura Angkasa), tapi secara mendadak juga permintaannya itu. Kemarin saya juga nggak tahu alasannya,” imbuh Jeff sebagaimana dikutip dari cnnindonesia

Senior Manager AP I Awaluddin mengonfirmasi potensi delay penerbangan NAM Air. Namun, ia mengklaim akan membantu proses jika terjadi pengalihan penerbangan ke operator lain atau pembatalan penerbangan.

Lihat Juga :  Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Abu Dhabi

Sebagai antisipasi, AP I akan berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk menghindari penumpukan penumpang di bandara. Sementara, ia memastikan penundaan penerbangan terjadi di Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close