NASIONAL

Jaksa Giovani : Pemuda adalah Tonggak Bangsa

SIBERNAS.com, Pagaralam  — Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita,” tutur kasubsi kasi intelijen kejari Pagar Alam  Giovani,SH.,MH usai menghadiri  upacara gabungan Sumpah Pemuda di lapangan merdeka Alun alun utara Kota Pagar Alam senin (28/10)

“Sumpah pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu,kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaan yang selalu di peringati setiap tanggal 17 Agustus .” tambah Jaksa yang telah banyak menangani perkara kriminal di kota pagar alam ini.

Lihat Juga :  Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Abu Dhabi

“Bukan hanya itu jaksa Giovani juga menyebutkan Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama. Perlu diketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri.

Jadi bagi saya pribadi makna sumpah pemuda bagi generasi muda adalah untuk mengenang bagaimana semangat para pemuda dalam memperjuangkan bangsa Indonesia. Puncaknya terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda bersatu dalam berjuang untuk tumpah darah Indonesia,” tutup Giovani yang pernah menjadi Jaksa termuda di sumsel yang selalu memiliki jiwa optimis ini.

Lihat Juga :  Pertamina Akan Akuisisi Blok Migas di Abu Dhabi

Reporter : Aceng

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close