EDUKASI

1200 Pelajar Bertarung di Lomba Prestasi Pramuka

Sibernas.com, Palembang-Sebanyak 1.200 pelajar dari berbagai sekolah di 17 kabupaten/kota di Sumsel berkompetisi pada multievent bertajuk lomba prestasi 2019 yang digagas oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumsel.

Kompetisi tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Perwakilan Kemenpora Abdul Latif, dan juga Ketua Kwarda Sumsel Mukti Sulaiman beserta jajaran terkait di Lapangan DPRD Sumsel, Minggu (6/10/2019).

Ketua Kwarda Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, kegiatan lomba prestasi ini diikuti oleh 1200 pelajar dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Mereka mengikuti berbagai tangkai lomba, mulai dari lomba baris berbaris, sandi ambalan dan yel-yel.

“Jadi digelar secara simultan. Dari tingkat ranting, cabang hingga daerah. Kita berharap baik ranting dan cabang harus lebih aktif lagi melalui lomba ini,” urainya.

Lihat Juga :  Kabut Asap Berbahaya, Libur PAUD Hingga SMP Diperpanjang

Dengan aktifnya ranting dan cabang maka Kwarda Sumsel akan terus menjadi tolak ukur nasional. Seperti halnya ia mencontohkan keaktifan dari ranting SMAN 11, PGRI, UIN dan lainnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru menambahkan, hadirnya pramuka diharapkan sebagai wadah keterampilan mampu menjadi pendidikan karakter bagi pelajar sehingga memiliki kemampuan soft skill sebagai bekal dimasa mendatang.

“Jadi pramuka harus menjadi caracter building. Menjadi bekal manusia yang berguna, jadi apapun dia nantinya. Jadi pengusaha, jadi pejabat, TNI. Karena ada nilai-nilai karakter disana, ada kedisiplinan, keterampilan,” ujar Deru.

Deru juga memberikan apresiasi dengan Kwarda Sumsel karena dengan dana yang minim bisa memberikan kontribusi bagi generasi anak-anak pramuka di Sumsel.

Lihat Juga :  Kepala Sekolah Harus Transparan Penggunaan Dana Bosnas

Sementara itu, Perwakilan dari Kemenpora RI Bidang Pramuka Abdul Latif mengatakan, Kwarda Pramuka di berbagai daerah memang harus terus aktif dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa.

“Dan kami melihat Sumsel menjadi tolak ukur nasional. Bagaimana Kwarda yang ada didaerah-daerah harus terus aktif. Termasuk harus aktif dalam agenda nasional. Seperti pada 2020 yang akan datang akan ada Kwartir Nasional, Momen Sumpah Pemuda dan lainnya,” pesan dia.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close