PALEMBANG

1800 Pencari Kerja Adu Nasib di Job Fair Palembang

Sibernas.com, Palembang-Mengurai angka pengangguran di Kota Palembang, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang membuka job fair 25-27 September di PTC Mall, Jalan R Soekamto. Pasalnya, hingga bulan ini saja, Disnaker mencatat ada 1.800 pencari kerja berdasarkan permintaan kartu AK 1.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Edison mengatakan, pengangguran di Palembang tentu masih ada. Meski tidak mengungkapkan jumlahnya, tetapi diyakini sekitar sebagian dari pencari kerja. Sehingga job fair yang diadakan satu kali setahun ini dinilai cukup efektif menggerus angka pengangguran.

“Hingga September ini ada 1.800 pencari kerja. Ini tidak hanya pengangguran saja, tapi yang sudah memiliki pekerjaan pun ada, untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,” katanya di sela Job Fair, Rabu (25/9/2019).

Ada 42 perusahan yang ikut berpartisipasi dalam job fair ini dengan 2200 peluang. Para pencari kerja bisa langsung mengajukan lamaran ke semua perusahaan yang ada dan tidak dipungut biaya. Sasaran job fair ini adalah untuk menyerap pencari kerja menengah ke bawah.

Lihat Juga :  Bacagub Sumsel Heri Amalindo Silaturahmi Dengan Masyarakat Desa Pulau Borang Banyuasin

Ia mengatakan, selain upaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja, job fair ini juga bertujuan untuk menyalurkan sumber daya produktif di Kota Palembang serta memberikan fasilitas kepada perusahaan untuk melakukan rekrutmen mendapatkan SDM yang terbaik di perusahaannya.

“Kami sangat yakin banyak sekali potensi pada diri para pencari kerja, namun selama ini mungkin belum menemukan tempat yang tepat untuk menyalurkan potensi mereka, maka dari itu kita fasilitasi dengan job fair ini, semoga job fair ini bermanfaat baik bagi para pencari kerja maupun perusahaan yang merekrut tenaga kerja” jelasnya.

Menurutnya, untuk menggerus angka pengangguran pihaknya juga kerjasama dengan Balai Latihan Kerja. Seperti yang ada di Semarang untuk bidang desainer, akuntansi, menjahit, Bahasa Inggris. Untuk di Bandung dilatih manufaktur. Di Bekasi di bidang elektronik dan perhotelan.

Lihat Juga :  14 Pejabat Eselon 2 Pemkot Palembang Dirolling, Ini Nama dan Jabatan Barunya

“Kita rekrut pencari kerja ini untuk ikut pelatihan ini. Selain mendapatkan ilmu, mereka gratis tiket PP, disiapkan tempat tinggal dan makan ditanggung,” katanya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, akan membuat aplikasi khusus untuk mempermudah para pencari kerja mengakses lowongan kerja dari 4200 perusahaan yang ada di Palembang. Aplikasi tersebut saat ini sedang digarap. Sehingga diupayakan tahun depan bisa menyerap angka pengangguran di Palembang.

“Sehingga nantinya para pencari kerja bisa mengakses langsung perusahaan yang menyediakan lowongan, sehingga tidak perlu jauh-jauh mengirinkan lamaran kerja,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.