LIFESTYLE

Ini 7 Resep Olahan Telur yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

SIBERNAS.com – Biar tidak  bosen dengan olahan telurnya, ini ada resep yang patut kamu coba

Kamu pun bisa mengolah telur menjadi kudapan yang lebih kekinian dan nggak perlu pakai ribet.

Cobain resep di bawah ini yuk, yang dirangkumdari Grid.id.

1 . Telur Nasi

Telur Nasi (Cookpad)

Resep ini bisadi coba langsung lho, apa lagi bahan-bahan yang digunakan selalu ada dirumah.

Bahan yang diperlukan:

1 mangkok nasi
1 butir telur ayam
5 cabe rawit
3 cabe merah
secukupnya Garam
Masako

Cara membuat:

  1. Tumbuk/ulek nasi dengan duo cabe tambahkan garam sedikit. Apabila sudah halus. Pindahkan nasi ke wadah.
  2. Bentuk adonan nasi yg sudah dihaluskan. Bentuknya terserah kalian ya klo sya dibuat seperti ini.
  3. Pecahkan telur, masukan masako. Kemudian Celupkan adonan.
  4. Panaskan minyak kemudian goreng. Setelah berwarna kemasaan angkat dan tiriskan. Sajikan anget2.

2.  Telur crispy kriuk

Telur Crispy (Cookepad)

Nah, ini nih makanan 2in1 yang praktis dan enak. Selain bisa untuk lauk, bisa juga untuk teman saat ngerjain tugas atau nonton film. Gak ribet kok bikinnya.

Bahan yang diperlukan:

2 butir telur ayam
1 bungkus tepung bumbu serbaguna
garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan tambahkan garam sesuai selera.
  2. Panaskan teflon, lalu goreng tipis. Lalu, angkat dari teflon dan iris tipis persegi panjang.
  3. Larutkan satu bungkus tepung bumbu serbaguna menggunakan 5 sendok air dingin (lebih bagus air es).
    Balur telur yang sudah diiris tipis tadi dengan adonan tepung bumbu serbaguna.
  4. Setelah terbalur dengan rata, goreng adonan dengan menggunakan minyak panas hingga coklat keemasan, angkat lalu tiriskan.

 3. Kol rebus gulung isi baso telur pedas 

Kol Rebus Gulung Isi Baso Telur Pedas (Grid.id)

Lihat Juga :  Rumah Zakat Hadir di Peringatan Bulan Prb Nasional di Bangka

Bahan yang dipelukan:

kol (saya pakai 10 lembar)
baso (8 biji)
telur (saya pakai 3 butir telur ayam)
jamur (sesuai selera)
bawang bombay (setengah)
daun bawang (2)
garam (1/4 sendok makan)
lada bubuk (1/4 sendok makan)
saori (2 sendok makan)
kecap manis (1 sendok makan)
boncabe level 30 (1 sendok makan)

Cara membuat:

  1. Iris smua bahan sesuai selera. kecuali kol. karna kol di biar kan utuh
  2. Tumis semua bahan, dan masukkan garam, lada, saori, kecap sesuai selera
  3. Didihkan air, lalu masukkan kol sampai layu (matang). kemudian tiriskan
  4. Masukkan bahan isi kedalam kol rebus
  5.  Setelah itu gulung. dan tadaaa… cemilan sehat siap di santap. bisa juga di cocol dengan saos sambal yaa.

 4. Telur Isi Bayam

Telur Isi Bayam (Cookpad)

Bukan cuma bayam, kamu pun bisa menggantinya dengan sayuran lain seperti; wortel, tomat dan sawi hijau. Cara bikinnya juga gampang banget!

Bahan yang diperlukan:

Seikat bayam
3 btr telur
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cabai (sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris semua bumbu dan tambahkan garam.
  2. Cuci bayam lalu campurkan dengan bumbu.
  3. Tambahkan telur dan aduk merata.
  4. Panaskan minyak lalu goreng hingga berwarna keemasan.
  5. Angkat dan sajikan

5.  Telur kukus

Telur Kukus (Cookpad)

Telur Kukus
Bisa dibilang ini salah satu olahan telur yang sehat lho. Selain terhindar dari lemak minyak jahat, kamu juga bisa menambahkan sayur favorit.

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 butir telur ayam
3 kotak tahu putih
2 batang dau bawang yang sudah dirajang halus
1 batang wortel ukuran kecil yang dirajang tipis
garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus tahu selama 5 menit, tiriskan dan haluskan dengan menggunakan sendok.
  2. Campur tahu yang sudah dihaluskan dengan telur, daun bawang, dan irisan wortel. Jangan lupa menambahkan garam.
  3. Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke cetakan atau mangkuk, kukus selama 15 menit.
  4. Keluarkan adonan telur kukus dari cetakan. Telur kukus siap dihidangkan.
Lihat Juga :  Kabut Asap Makin Pekat, Rumah Zakat Bagikan Masker

 6. Sandwich telur 

Sandwich Telur (Cookpad)

Sandwich Telur
Lezat, simple, murah, praktis, dan bisa dibawa ke mana-mana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

2 butir telur ayam rebus
1 bungkus roti tawar kupas
1 sachet mayonaise pedas atau biasa
1 bungkus keju slice
3 sendok makan mentega.

Cara membuatnya:

  1. Hancurkan telur rebus dengan menggunakan garpu.
  2. Campur telur yang sudah hancur dengan mayonaise, aduk sampai rata.
  3. Olesi roti tawar kupas dengan mentega, lalu isi roti dengan telur mayo, keju slice, telur mayo lagi di atasnya, kemudian ditutup dengan roti kupas
  4. Potong roti menjadi 2 bagian.

 7. Kentang goreng telur ceplok

Kentang goreng telur ceplok (Cookpad)

Kentang goreng telur ceplok
Udah sarapan pagi tapi msih tetap lapar? Menu satu ini cocok buat kamu yang gampang lapar. Bahan dan cara pembuatannya simple banget. Bisa kamu coba untuk menu sarapan.

Bahan yang diperlukan :

3 butir telur
2 buah kentang
2 buah wortel
1 batang daun bawang
merica dan garam

Cara membuatnya :

  1. Parut memanjang kentang dan wortel yang sudah dikupas menggunakan parutan keju,lalu rebus selama 5 menit.
  2. Potong halus daun bawang.
  3. Campurkan parutan kentang dan wortel daun bawang dengan satu butir telur, tambahkan garam merica, lalu aduk rata.
  4. Setelah tercampur, goreng adonan menggunakan teflon. Bentuk bulat dan beri lubang di tengah seperti donat.
  5. Setelah agak matang, beri kuning telur mentah di tengahnya.
  6. Goreng hingga matang atau setengah matang sesuai selera.

 

 

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close