SUMSEL

Karhutla di Sumsel Kian Meluas

SIBERNAS.com, Palembang – Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengakui jika karhutla terus terjadi dan meluas di Sumsel.

Tercatat, sejak awal tahun hingga 15 September total lahan yang terbakar yakni mencapai 3.514 hektare. “Hal ini dikarenakan sulitnya akses untuk menuju lokasi karhutla sehingga menyulitkan untuk dilakukan pemadaman tim satgas darat,” katanya saat dihubungi, Senin (16/9/2019).

Dari total lahan 3.514 hektare yang berhasil dipadamkan tim satgas darat hanya 312 hektar. Meskipun begitu, pemadaman juga dilakukan melalui udara dengan melakukan waterboombing.

Luas lahan yang terbakar yakni berada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dengan luasan mencapai 1.202 hektare. Kemudian, disusul Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan beberapa daerah lainnya.

Lihat Juga :  Tarif Tol Indralaya-Prabumulih, Mulai Berlaku Hari Ini

“Saat ini, sebanyak tujuh helikopter terus diterjunkan untuk melakukan pemadaman melalui udara dengan melakukan waterboombing,” jelasnya.

Untuk titik hotspot, pihaknya mencatat sebanyak 471 titik. Dengan hotspot terbanyak yakni berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yakni sebanyak 188 titik, disusul Kabupaten Ogan Ilir (OI) sebanyak 53 titik dan Kabupaten Muba sebanyak 51 titik.

“Saat ini, total hotspot selama tahun 2019 sudah mencapai 5.277 titik. Dengan hotspot terbanyak di Bulan September yakni mencapai 3.402 titik,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.