WARTAWAN HEBAT

Anggota Muda PWI & UKW, Syarat Ikut Porwada di Lubuklinggau

Sibernas.com, Palembang-Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) digelar bersamaan dengan Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Lubuklinggau 5-7 Maret 2020. Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah merilis regulasi serta cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengatakan, untuk berpartisipasi mengikuti cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porwada di Lubuklinggau, para peserta atau atlet yang bertanding minimal anggota muda PWI Sumsel dan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sementara untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) anggota biasa PWI plus UKW.

“Jadi, untuk Porwada syaratnya anggota muda PWI Sumsel dan UKW, sementara Porwanas anggota biasa PWI dan UKW. Teknisnya, sebelum bertanding di ajang Porwada, atlet atau peserta harus menunjukkan kartu anggota asli PWI minimal anggota muda, dan kartu UKW kepada panitia. Keabsahan peserta anggota Porwada ditentukan oleh tim verifikasi PWI Sumsel,” kata Firdaus Komar, Minggu (8/9/2019).

Ditambahkan Firdaus, jika atlet yang tidak memenuhi persyaratan keluar sebagai pemenang dalam Porwada, maka tidak berhak alias tidak bisa menuntut untuk ikut Porwanas yang akan digelar oleh PWI Pusat. Terkecuali jika yang bersangkutan ikut UKW dan sudah menjadi anggota biasa PWI sebelum Porwanas digelar.

“Untuk itu kami mengimbau agar anggota PWI perwakilan di kabupaten/kota di seluruh Sumatera Selatan agar mempersiapkan atletnya, sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Menurut Firko-sapaan akrabnya mengungkapkan, ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porwada Lubuklinggau, antara lain, cabor atletik meliputi lari 1000 meter usia 30-39 tahun, dan lari 600 meter usia 41-55 tahun ke atas.

Selanjutnya, cabor bulutangkis Perorangan putra dan putri usia di bawah 40 tahun (tunggal dan ganda), dan kategori beregu (dua tunggal dan satu ganda). Kemudian, perorangan putra dan putri di atas 40 tahun (tunggal dan ganda), dan kategori beregu (dua tunggal dan satu ganda).

Cabor selanjutnya, tenis meja perorangan putra dan putri di bawah 40 tahun (tunggal dan ganda), dan kategori beregu (dua tunggal dan satu ganda). Kemudian, perorangan putra dan putri di atas 40 tahun (tunggal dan ganda), serta kategori beregu (dua tunggal dan satu ganda).

“Ada juga cabor futsal di bawah usia 40 tahun dan di atas 40 tahun, serta
catur putra/putri perorangan dan beregu tiga atlet,” tutup Firdaus.

Ketentuan Porwada Lubuklinggau :

1. Cabor dan nomor akan dipertandingkan jika diikuti minimal 4 perwakilan PWI kabupaten/kota.
2. Setiap atlet boleh diturunkan maksimal 3 cabang olahraga dengan risiko ditanggung sendiri, jika jadwal pertandingan bersamaan.
3. Peserta didaftarkan oleh PWI Provinsi Sumsel dan PWI Perwakilan kabupaten/kota sebagai utusan atlet.
4. Menyerahkan foto kopi kartu PWI yang masih berlaku dan Kartu UKW kepada panitia.
5. Kartu anggota asli PWI dan UKW harus dibawa dan ditunjukkan sesaat sebelum pertandingan dimulai.
6. Keabsahan peserta anggota Porwada ditentukan oleh tim verifikasi PWI Sumsel.
7. Dewan juri dari pihak berkompeten ditunjuk dan disetujui oleh SIWO PWI Sumsel.
8. Ketentuan umum Porwada ini menjadi aturan tertinggi dalam menyelesaikan perselisihan (non teknis) dalam ajang Porwada.

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close