Uncategorized

Pilot Projek Sekolah Religi, SMPN 12 Palembang Cetak Lulusan Berkarakter

Sibernas.com, Palembang-Sebagai Pilot Projek sekolah religi di Kota Palembang, SMP Negeri 12 Palembang terus berupaya melakukan terobosan program dan kegiatan sehingga pada gilirannya mampu mencetak lulusan yang gak hanya cerdas, tapi juga berkarakter dan kreatif profesional di era Revolusi Industri 4.0.

Salah satunya adalah kegiatan pagi ini, ratusan siswa-siswi SMP Negeri 12 Palembang menggelar salat meminta hujan (Istisqa) secara serentak di pelataran sekolah, Jumat (6/9/2019). Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan Peringatan 1 Muharram 1441 Hijriah.

Salat Istisqa diikuti semua siswa-siswi, guru hingga kepala sekolah dan dipimpin oleh Ustaz Drs H Saim Marhadan dan ceramah tahun baru Islam disampaikan oleh Ustaz Kemas Ahmad Firdaus, SAg.

Ibadah salat sunnah ini ditunaikan mengingat beberapa bulan terakhir tak ada turun hujan sehingga selain menyebabkan kekeringan juga semakin menebalnya kabut asap. Apalagi bagi siswa-siswi yang harus berangkat pagi menuju ke sekolah.

Rangkaian salat istisqa juga diiringi dengan tausiyah yang mengajak ratusan siswa untuk bersabar saat ditimpa musibah dan bersyukur saat diberikan kesenangan serta menjadikan fenomena ini sebagai ajang muhasabah.

M Farel Al Habsy siswa SMP Negeri 12 Palembang yang menjadi atlet yang ikut di Kejuaraan Malaysia Open Taekwondo Championship 2019)

“Melihat apa yang terjadi saat ini, bencana, musibah. Mungkin karena dosa-dosa manusia yang masih melakukan syirik, atau pun dosa-dosa lain. Sehingga kita perlu berdoa meminta pengampunan,” ujar Ustaz Drs H Saim Marhadan.

Sementara Ustaz Kemas Ahmad Firdaus, SAg, dalam tausiyahnya mengatakan bahwa peringatan 1 Muharam jangan sampai generasi muda tak tahu apalagi lupa. Oleh karena itu tahun baru Islam seharusnya menjadi ajang bermuhasabah untuk lebih baik ditahun yang akan datang.

“Mulai dari mengoreksi ibadah salat lima waktunya, kemudian ibadah sunahnya, dan ibadah lain,” urainya.

Kepala SMP Negeri 12 Palembang Mgs Ahmad Fauzi, SPd, MM,

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 12 Palembang Mgs Ahmad Fauzi, SPd, MM, mengatakan, sebagai salah satu sekolah religi, peringatan 1 muharam merupakan kegiatan setiap tahunnya.

“Dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan 1 Muharam kali ini diikuti juga dengan salat Istisqa agar segera diturunkan hujan,” ujarnya.

Sebagai pilot projek sekolah religi, SMP Negeri 12 Palembang memang sangat konsen dalam mencetak lulusan yang tak hanya cerdas tapi juga memiliki karakter dan kreatifitas.

Okta Prima Azharra, siswi SMP Negeri 12 Palembang, yang juga atlet karateka.

“Kreativitas kita memiliki berbagai ekstrakurikuller. Bahkan kemarin ada yang juara silat, juara karate, juara 3R, juara modeling, dan ada yang ikut kejuaraan taekwondo di Malaysia, walau belum menang tapi Alhamdulillah bisa sampai level internasional,” pungkasnya.

(Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.