OLAHRAGA

Jelang PraPON Jakarta, Karateka Sumsel Jalani TC

Sibernas.com, Palembang-Jelang single event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Prakualifikasi PON cabang olahraga karate di Jakarta pada 4-6 November 2019 mendatang, tim karateka Sumsel menjalani Training Center (TC) atau pemusatan latihan.

Pemusatan latihan ini dilakukan agar atlet karate Sumsel mampu tembus tiket PON sebagaimana yang ditargetkan. Pasalnya, untuk mampu tampil di PON Papua, atlet harus lolos ajang seleksi Pra-PON maupun Pekan Olahraga Wilayah (Porwil).

“Jadi target kita pertama lolos dulu sekitar 5-10 atlet di Pra-PON di Jakarta November nanti. Nanti tinggal KONI Sumsel yang memberi kebijakan mana yang akan dikirim,” ujar Sekretaris Umum FORKI Sumsel, Aliyuddin Asral, Rabu (4/9/2019)

Dikatakan Aliyuddin, sampai saat ini KONI Sumsel belum memberikan arahan mengenai atlet yang rengking berapa akan diutus ke PON Papua. Apakah semua yang lolos Pra-PON sebagaimana PON sebelumnya atau ada regulasi khusus.

Lihat Juga :  Gol Virgil van Dijk Bawa Liverpool Angkat Trofi Pertama Musim Ini

“Karena informasinya untuk PON Papua membutuhkan biaya yang tak sedikit karena tempatnya yang jauh. Sehingga apakah yang rengking tiga keatas atau ada regulasi lain,” tegasnya.

Namun demikian, pihaknya berharap KONI Sumsel tetap memaksimalkan atlet yang telah lolos Pra-PON untuk ikut PON Papua karena telah berjuang di Kejurnas Pra-PON di Jakarta nanti.

“Karena tidak mudah lolos Pra-PON. Apalagi anak-anak harus berjuang melawan atlet Pulau Jawa yang cukup menjadi ancaman. Belum lagi Jambi, Sulawesi dan lainnya yang memiliki track record yang bagus,” urainya.

Apalagi saat ini skuat karate Sumsel tengah menjalani Training Center (TC) penuh jelang Pra-PON di Jakarta. Termasuk porsi latihan yang saat ini tiambah dua kali lipat. Dari latihan biasa satu kali kemudian ditambah dua kali. Dan semua itu untuk anak-anak bagaimana supaya mendapat tiket PON.

Lihat Juga :  Gol Virgil van Dijk Bawa Liverpool Angkat Trofi Pertama Musim Ini

“Dan rata-rata mereka anak-anak baru yang potensial. Meraka pun kota harapkan bisa capai target mendapat tiket PON,” harapnya.

Menurutnya, dari evaluasi sementara FORKI Sumsel, selain menargetkan 5-10 atlet yang lolos PON, nomor yang diandalkan adalah kumite perorangan.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.