PALEMBANG

Terbuat dari Bambu, Gapura Warga Bukit Kecil, Masuk Urutan 10 Besar Nasional

Sibernas.com, Palembang-Masuk dalam urutan 10 besar tingkat nasional, Gapura Cinta Negeri buatan warga Kecamatan Bukit Kecil Palembang, berhasil mengalahkan 1.793 peserta se-Indonesia dan membawa pulang hadiah tropi serta uang pembinaan Rp50 juta.

Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon mengatakan, pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Senin (2/9/2019).

“Kita menyambut hadiah tersebut dengan mengikutsertakan 61 orang diantaranya warga dan pendamping seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan,” katanya.

Gapura Cinta Negeri Indonesia itu terletak di Jalan Batu Nilai, Lorong Cempaka Dalam, RT 18 RW 05, Kelurahan 26 Ilir Kecamatan Bukit Kecil. Gapura dibuat dari barang bekas, di antaranya bambu bekas sisa-sisa umbul-umbul. Gapura berukuran tinggi empat meter dan lebar 3,8 meter ini, semuanya dikerjakan warga di beberapa RT di kawasan tersebut.

Lihat Juga :  APBD Tak Cukup Perbaiki 20 Halte, Pemkot Andalkan CSR

Gapura yang terbuat dari bambu ini, dihiasi dengan warna cat putih dan merah. Gapura membentuk jembatan Ampera dengan pernak-pernik miniatur burung Garuda, sisi kiri kanan ada foto Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Hadiahnya tropi dan uang pembinaan Rp50 juta. Uang ini akan digunakan untuk kepentingan dan pemberdayaan masyarakat itu sendiri, sebab sebelumnya kan gapura ini dibuat dan didaftarkan oleh warga,” katanya.

Furqon mengaku, pembuatan gapura ini menghabiskan anggaran tidak lebih dari Rp2 juta, yang berasal dari sumbangan warga dan dikelola warga sendiri. Di mana, pembuatan gapura dari awal memakan waktu sekitar 10 hari. Bahan yang digunakan juga dari sumbangan warga Bukit Kecil dengan menggunakan bambu bekas umbul-umbul dan sisa sampah yang diambil dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS ) sementara.

Lihat Juga :  20 Tahun Mega Wisata, Selalu Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

“Alhamdulillah kita akhirnya dapat menyelesaikan gapura tepat waktu dan dapat berkompetisi, sehingga memenangkan lomba gapura nasional, walau hanya masuk 10 besar,” ujarnya.

Kemenangan ini, adalah kemenangan kedua yang diraih warganya. Di mana, masih dalam satu lokasi, kawasan tersebut juga memenangkan lomba kampung hias Asian Games.

“Ini wujud kekompakan warga dan ini yang saat ini terus dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.