SYARIAH

Menanti Hujan, Tengadahkan Doa, Tunaikan Istisqa

Sibernas.com, Palembang-Ada yang berbeda pagi ini di pelataran SD Negeri 143 Palembang. Mereka mengenakan pakaian salat, seperti halnya Salat Idul Adha, maupun Salat Idul Fitri.

Ternyata ratusan siswa-siswi tersebut sedang menjalankan salat sunah Istisqa. Lantunan Surat Yaasin juga dibacakan, hingga doa yang dipanjatkan.

Terlihat wajah-wajah nya yang penuh harap, menanti hujan, menunaikan Salat Istisqa dan menengadahkan doa di atas sajadah panjang.

Kepala SDN 143 Palembang Rismawati mengatakan, hari Jumat ini sedikit berbeda dengan Jumat sebelumnya.

“Bedanya adalah, kita hari ini menunaikan Salat Istisqa, berharap agar hujan segera turun,”ujarnya usai mengikuti Salat Istisqa di sekolahnya, Jumat (30/8/2019).

Ia menambahkan, kegiatan Jumat pekanan memang diisi dengan beragam kegiatan Islami. Sehingga hari Jumat pagi biasanya diawali dengan membaca Yaasin bersama. Dan Jumat pekan ini ditambah dengan Salat Istisqa.

Rismawati berharap sebagaimana orang-orang yang secara berjamaah melakukan Salat Istisqa dan berharap hujan turun, ia pun berharap yang sama. Mengingat kemarau panjang sangat terasa.

“Tak hanya meminta hujan, kami juga berharap siswa bisa belajar banyak dari kegiatan salat sunah berjamaah Istisqa ini,” harapnya.

Sementara itu, guru agama SDN 143 Palembang Mgs Muhammad Asla yang telah memimpin Salat Istisqa mengatakan, salat sunnah Istisqa ini diikuti siswa dengan penuh khusyu berjamaah.

“Kita semua merasakan betapa banyak kesengsaraan di kemarau panjang ini. Kami juga berharap apa yang sudah dilaksanakan hari ini akan mampu menjadi contoh dan apa yang menjadi hajat kami hari ini senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT,” urainya.

Dia menambahkan, selain meminta hujan kepada yang Maha Kuasa di musim kemarau panjang, kegiatan salat sunah Istisqa juga mengajarkan kepada anak-anak tentang tata cara Salat Istisqa.

“Kemudian agar mereka tahu betapa butuhnya kita kepada Allah SWT, betapa butuhnya kita terhadap pertolongan Allah SWT. Dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan kepada Allah SWT juga kita memohon pertolongan,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close