EKONOMI

Limbah Pasar Ikan Modern Tidak Bau, ini yang Digunakan

Sibernas.com, Palembang-Pasar Ikan Modern yang sedang dibangun di Jalan MP Mangkunegara dipastikan akan sangat nyaman. Hal ini lantaran pasar didesain dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) modern yang mengeluarkan air limbah tidak berbau.

Pasar Ikan Modern di Palembang ini ketiga setelah Jakarta dan Bandung yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dibangun di lahan seluas 9.025 meter persegi oleh kontraktor lokal PT Karya Tama Saviera.

Direktur PT Karya Tama Saviera Sastra Suganda mengatakan, pengerjaan yang cukup singkat untuk membangun pasar dua lantai. Mulai dari Agustus hingga Desember mendatang, pihaknya memastikan pasar ikan akan selesai dengan hasil memuaskan.

“Dalam pengerjaan lima bulan pasar dua lantai ini akan menjadi tempat destinasi baru warga Palembang. Selain untuk belanja ikan segar di lantai satu, di lantai duanya ada foodcourt yang menjual segala macam kuliner khas ikan segar,” katanya usai ground breaking Pasar Ikan Modern, Rabu (28/8/2019).

Lihat Juga :  VADS Indonesia Client Gathering 2024 “Leveraging The Modern Contact Center to Drive Your 2024 CX Strategy”

Sastra mengatakan, pasar ikan ini memiliki kapasitas IPAL 35 – 50 meter kubik perhari. Selain itu, dipastikan pasar ini akan nyaman dikunjungi karena tidak bau busuk seperti pasar ikan pada umumnya. Pihaknya menyediakan IPAL modern seperti di Jakarta yang dibangun di area belakang pasar.

“Limbah cair diolah didalam tanki khusus dengan cara pengolahan yang baik untuk menghindari baunya, makanya pasar ini berbeda dengan pasar ikan lainnya,” katanya.

Pasar ikan pertama di Sumatera ini dibangun dengan kapasitas lapak sebanyak 210, terdiri dari lapak ikan segar 90 lapak, lapak ikan hidup 80 lapak. Selain itu juga kapasitas parkir mobil 162 lot dan parkir motor 300 lot.

“Progres pengerjaan saat ini baru 3,5 persen seharusnya sudah 9 persen. Hanya saja waktu itu terkendala oleh minimnya lahan untuk mengangkut rangka baja bangunan karena masih ada barang milik Satpol PP. Tapi sekarang sudah tuntas,” jelasnya.

Lihat Juga :  Rangkaian Selebrasi dan Kompetisi Bahasa Inggris bagi Anak Muda Indonesia Warnai Kemilau 40 Tahun The British Institute (TBI)

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Aprizal mengatakan, Pasar Ikan Modern dengan konsep supermarket ini dikhususkan bagi ikan air tawar dan laut. Pasar ini akan dihilangkan dari image pasar ikan yang kotor dan bau. Sehingga pihaknya akan memberikan arahan kepada pengelola pasar nantinya agar pasar tetap bersih.

Dibangun setidaknya tiga lantai, rencananya tempat ini tidak hanya untuk belanja ikan saja, tetapi juga tempat keluarga menghabiskan waktu di restoran /foodcourt.

“Sekarang ada 500 pedagang di bawah binaan Dinas Perikanan. Kita akan verifikasi dan seleksi pedagang untuk mengisi 200an los ini,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.