PALEMBANG

Ngaku Bisa Datangkan Emas, Dukun Palsu di Palembang ini Digiring Polisi

SIBRERNAS.com, Palembang – Polsek Ilir Timur II Palembang berhasil mengamankan seorang dukun palsu dengan modus bisa mendatangkan emas seberat satu 1 kilogram dari Nyi Roro Kidul ( ratu pantai selatan).

Fitra Jaya Reuni Silalahi (41)  yang menjadi dukun palsu tersebut mengiming-imingi korbanya dengan modus  bisa mendatangkan emas dalam waktu 41 hari, dengan  modusnya tersebut pelaku berasil mendapatkan uang hingga jutaan rupiah dari korbannya.

“Ditemui di Mapolsek Ilir Timur II saat pres rilis Senin (26/8), Fitra warga asal Pekanbaru, Riau ini mengaku mengenal para korbannya, berawal saat ia diminta untuk mengurut badan korban yang sakit. Dari sinilah ia mulai menawarkan korban kalau ingin merubah nasib karena ia bisa mendatangkan emas batangan 24 karat.

“Untuk mendatangkan emas batangan mereka (korban) saya suruh untuk menyiapkan kaleng dan segenggam beras sebagai syarat. Beras itu dimasukkan ke dalam kaleng dan setelah 41 hari baru boleh dibuka tapi harus membayar 600 ribu sebagai maharnya,” ujar Fitra.

Lihat Juga :  Tahun 2020, Pemkot Palembang Dapat Bantuan 10 Unit Bus

Saat itu, lanjut tersangka ada empat pasien yang yakin sehingga memberikan uang mahar 600 ribu. Sedangkan untuk mereka yang ingin menyembuhkan penyakitnya disuruh ritual mandi kembang sebagai mahar mereka harus membayar 400 ribu.

“Kalau saya sendiri belum pernah mencoba mendatangkan emas batangan, hanya saja mereka (korban) yakin kepada saya sehingga saya lakukan ini. Dan ini baru saya lakukan dua bulan terakhir ini, uang dari korban saya gunakan untuk kebutuhan sehari-sehari dan ada sedikit beli sabu sabu,” jelas tersangka.

Kapolsek Ilir Timur II Kompol Milwani melalui Panit II Ipda Candra Gunawan mengatakan pelaku merupakan dukun palsu dimana modus yang digunakan pelaku untuk menipu para korbannya yakni berpura-pura bisa mendatangkan emas batangan 24 karat dalam waktu 41 hari serta bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita korban.

Lihat Juga :  Ibu Negara ke Palembang Ajari Anak-Anak Cara Mencuci Tangan yang Benar

“Sebagai syaratnya pelaku meminta korban untuk menyiapkan kaleng dan segenggam beras serta uang sebesar 600 ribu sebagai mahar. Pelaku menjanjikan korban nya bisa mendatangkan emas batangan 24 karat dalam waktu 41 hari, namun setelah waktu yang dijanjikan emas batangan tidak kunjung datang sehingga korban melaporkan pelaku ke polisi,” jelasnya.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara.

Reporter : Deni Wahyudi

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close