OLAHRAGA

Herman Deru Apresiasi Gelaran Liga Desa Nusantara

Sibernas.com, Palembang-Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru membuka langsung gelaran final Liga Desa Nusantara Provinsi Sumsel tahun 2019 di lapangan sepakbola Desa Sungai Medak, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Liga Desa Nusantara sendiri merupakan pertandingan sepakbola antardesa se-Sumsel dengan usia di bawah 18 tahun. Pembukaan Liga Desa Nusantara ini di buka dengan tendangan kick off yang dilakukan oleh Gubernur Sumsel.

Gelaran kali ini di ikuti oleh Kabupaten Musi Banyuasin yang juga berperan sebagai tuan rumah, dengan Peserta dari Kabupaten OKI, Kab. OKU Timur, Kabupaten PALI, dan Kabupaten Musi Rawas, dengan masing-masing di partai final mengirimkan satu tim Desa yang menjadi juara di gelaran tiap Kabupaten.

Seusai membuka gelaran, Gubernur menjelaskan, turut bahagia dengan diselenggarakanya Liga Desa Nusantara ini.

“Bukan saja masyarakat desa, dan juga peserta yang berbahagia, saya beserta jajaran Pemprov Sumsel ikut senang dengan terlaksananya Liga Desa Nusantara ini. Karena proses pertandingan yang melibatkan pemuda desa, menjadikan pertandingan sangat meriah. Karena sejatinya sepakbola tidak memandang usia dan status,” kata Herman Deru, Senin (26/8/2019).

Dirinya juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Muba yang telah menyiapkan venue partai final dengan standar yang sangat baik.

“Selamat untuk Muba,bisa menyiapkan lapangan yang baik, meskipun penyelenggaraanya di desa yang jaraknya cukup jauh dari Kota Sekayu. Tapi lapangannya sangat baik serta tribun mini yang di siapkan sangat baik pula,” ujarnya.

Lanjut Gubernur, event seperti ini akan terus di pertahankan, apalagi melibatkan masyarakat desa. Karena menurutnya di desa banyak bibit – bibit atlit yang berpontensi.

“Dengan event seperti ini bisa terjaring bibit potensial. Untuk itu kedepannya event seperti ini akan terus dilakukan. Bahkan bukan hanya Liga Desa Nusantara. Piala Gubernur juga akan terus di lakukan sebagai wadah kompetisi agar bisa mendapatkan atlet potensial terutama yang berasal dari Sumsel,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel Yusnin menjelaskan, jika Final Liga Desa Nusantara akan berlangsung dari hari ini sampai dengan, Jumat (30/8/2019). Ia menjelaskan kalau Liga Desa Nusantara hanya bisa dilakukan di lapangan desa.

“Dari Kementerian Desa, Liga Desa Nusantara ini memang harus di mainkan di lapangan Desa baik dalam penyelenggaraan Kabupaten, Provinsi maupun nasional. Tim Juara dari tingkat Provinsi Sumsel akan mewakili Sumsel di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Sidoarjo,” singkatnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba Ricard Cahyadi mengaku Kabupaten Muba memang di tunjuk oleh gubernur sebagai tuan rumah karena memang antusiasme masyarakatnya terhadap olah raga sepakbola.

“Kita memang ditunjuk oleh gubernur sebagai tuan rumah, untuk pemilihan lapangan desa Sungai Medak karena memiliki lapangan yang baik serta jarak dari Kota Sekayu yang tidak terlalu jauh. Saya berharap tim dari Muba bisa mewakili Sumsel di tingkat nasional,” tukasnya.

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.