EDUKASI

Disdik Palembang Dinilai Tak Paham Grand Desain

Sibernas.com, Palembang-Dari ratusan sekolah dasar (SD) negeri di Palembang, masih banyak ditemui sekolah rusak. Tak hanya soal sekolah rusak, mirisnya lagi tak punya lapangan.

Padahal, syarat sebuah sekolah adalah selain memiliki ruang belajar dan ruang kantor ada satu hal yang penting yakni lapangan. Pasalnya, lapangan bukan hanya soal untuk upacara tapi ajang ekspresi diri bagi siswa di program ekstrakurikuller.

Demikian dikatakan Pakar Komunikasi Publik Dr Ir Rahidin H Anang. Menurutnya, fenomena ini harus segara ditangani oleh Pemerintah Kota Palembang atau Dinas Pendidikan sebagai Dinas terkait.

“Belum lama ini peringatan HUT ke 74 RI dan miris banyak ditemui sekolah tak bisa upacara hanya karena tak punya lapangan. Artinya ini kan Pemerintah tak punya Grand Desain,” tegas Rahidin, Senin (26/8/2019).

Lihat Juga :  Libur Kabut Asap, Guru Dialihkan Ikuti Workshop

Pria yang juga dosen senior salah satu perguruan tinggi di Palembang menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang atau Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang seharusnya memiliki letak perencanaan. Jika disebuah sekolah tak punya lapangan harus diusahakan.

“Misalnya dengan membeli lahan dekat sekolah. Atau kalau tidak bisa tukar guling,” urainya.

Menurut Rahidin, jika persoalan pemerintah jika ditanya hanya soal dana maka hal tersebut cenderung persoalan yang klise.

“Saya kira itu alasan klasik, pusat ada anggaran besar. Tinggal mau atau tidak saya kira, kemampuan Pemda apakah memang memikirkan nasib sekolah atau membangun yang baru,” pungkasnya.

Reporter : Sugi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close