BERITA UTAMAOLAHRAGA

Stadion GSJ Berpeluang Besar Gelar Piala Dunia U-20 2021

Sibernas.com, Palembang-Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) berpeluang besar menjadi salah satu venue penyelenggara perhelatan akbar Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Seperti diketahui, Indonesia resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, dan akan bersaing dengan empat calon tuan rumah lainnya. Indonesia akan bersaing dengan Thailand dan Myanmar yang ingin menjadi penyelenggara ajang ini, namun keduanya maju sebagai tuan rumah bersama.

Indonesia juga akan bersaing dengan tiga negara dari jazirah Arab yang maju sebagai tuan rumah bersama. Mereka adalah Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirates Arab. Peru dan Brasil menjadi pesaing Indonesia lainnya. Kedua negara dari Amerika Latin itu maju secara independen.

PSSI sudah mendaftarkan sembilan stadion sebagai bahan pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Stadion itu terletak di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Kesembilan stadion tersebut antara lain, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Patriot (Kota Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).

“Awalnya hanya delapan stadion yang diajukan PSSI, namun akhirnya Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring ikut dimasukkan. Jadi ada sembilan stadion yang menjadi nominasi penyelenggara Piala Dunia U-20 2021,” jelas Komite Umum dan Organisasi Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumsel Faisal Mursyid kepada Sibernas.com, Sabtu (24/8/2019).

Lihat Juga :  10 Atlet Woodball Sumsel Bersaing Kejurnas PraPON Banten

Meski baru sebatas nominasi, namun Faisal optimis Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring bakal terpilih karena sudah dilengkapi fasilitas pendukung dan berpengalaman menggelar event berskala internasional. Terbaru, Sumsel berhasil menggelar event Asian Games 2018.

“Kita optimis GSJ terpilih menjadi salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 jika Indonesia menjadi tuan rumah. Sebab, GSJ memiliki fasilitas lengkap dan fasilitas pendukung. Dari sisi sumber daya manusia (SDM), Sumsel berpengalaman menggelar event sepakbola berskala internasional,” ujar Faisal, yang juga menjabat Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM).

Faisal mengatakan, penentuan siapa yang menjadi tuan rumah Piala Dunia
akan dilakukan dalam pertemuan FIFA di Shanghai, Tiongkok, pada tanggal 23 dan 24 Oktober mendatang.

“Kita masih terus menunggu kabar, jika sudah ada kepastian negara mana yang menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20. Setelah itu, baru ada peninjauan stadion dan fasilitas pendukung stadion yang menjadi nominasi. Verifikasi pertama dilakukan PSSI, baru kemudian tim FIFA. Setelah itu, baru diumumkan apakah stadion tersebut memenuhi syarat atau tidak menggelar event Piala Dunia. Kita berharap Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan GSJ terpilih sebagai salah satu stadion penyelenggara,” pungkas Faisal.

Sementara itu, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan federasi optimistis, Indonesia mampu menjadi penyelenggara turnamen sepakbola akbar untuk level U-20. Sukses Piala Asia U-19, Piala AFF, kemudian cabang olahraga sepakbola Asian Games bisa menjadi indikator keberhasilan.

Lihat Juga :  Anggaran Tak Masuk APBD Perubahan, Atlet Disabilitas Tagih Janji Gubernur

“Dengan pengalaman penyelenggaraan event internasional Asian Games, Piala Asia, dan Piala AFF, ditambah dengan animo masyarakat yang mendukung dan turut menyukseskan ajang tersebut, PSSI memiliki keyakinan Indonesia bisa melangkah ke level selanjutnya,” kata Ratu Tisha.

Menurut dia, sebagai persiapan, PSSI sudah mendata stadion yang akan digunakan 24 negara peserta Piala Dunia. Infrastruktur yang digunakan tidak hanya memenuhi standar internasional, namun juga memiliki fasilitas penunjang yang memadai seperti hotel dan lapangan latihan.

“Bukan hanya standarnya yang internasional, tapi juga memiliki pengalaman event internasional dan memiliki fasilitas penunjang di sekitarnya,” ungkap Tisha.

Tisha berharap pendaftaran Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dapat menjadi motivasi pemerintah daerah untuk membangun lokasi latihan yang sesuai dengan standar internasional.

“Lapangan latihan internasional hanya memerlukan lapangan yang standar, toilet, dan lain-lain, itu sudah jadi investasi yang panjang. Kami sudah bertemu dengan bupati masing-masing dan menyambut baik niat PSSI,” ujarnya.

Berikut Ini Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021:

– Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirates Arab (tuan rumah bersama)
– Brasil
– Indonesia
– Myanmar dan Thailand (tuan rumah bersama)
– Peru

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tags

BERITA TERKINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close