PALEMBANG

Utang Pemprov Tersisa Rp34 Miliar, Pemkot Minta Dilunasi Tahun Ini

Sibernas.com, Palembang-Bagi hasil Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang hingga saat ini berstatus terutang. Pemkot berharap utang yang tersisa Rp34 miliar dapat dilunasi tahun ini.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumarno mengatakan, dana dari bagi hasil tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan daerah Kota Palembang dari bagi hasil pusat, daerah maupun pajak dan retribusi.

“Pemkot Palembang di tahun ini menargetkan pendapatan daerah mencapai Rp3,6 triliun, angka ini cukup fantastis dan salah satu sumber pendapatannya dari bagi hasil tersebut,” ucap Sumarno, Kamis (22/8/2019).

Utang tersebut berasal dari hasil Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB-BBNKB) yang belum dibayarkan Pemprov Sumsel kepada Pemkot Palembang.

Lihat Juga :  PT Pegadaian Kanwil III Palembang Resmikan The Gade Creative Lounge di Unsri

“Untuk yang tahun ini sudah dibayarkan sampai April, semoga tidak ada kendala dan tidak ada tunggakan lagi, karena memang dari pemprov janjinya seperti itu,” katanya.

Namun, untuk utang Provinsi Sumsel terhadap kewajiban bagi hasil pajak ini, diakui Sumarno, memang belum sepenuhnya lunas.

“Sudah bayar untuk utang yang 2018 sebanyak 256 miliar rupiah, tapi masih ada sisa tunggakan Rp34 miliar, ini dijanjikan lunas dalam tahun ini,” ujarnya.

Besaran anggaran yang berasal dari pembagian PKB-BBNKB ini terbilang cukup besar, yakni 30 persen kepada kota/kabupaten yang ada di Sumsel.

“Sebenarnya dalam pembayaran ini terkendala bukan tanpa sebab, kalau yang tahun lalu, memang karena dibutuhkan untuk kegiatan yang diprioritaskan (Asian Games), makanya digunakan dulu,” katanya.

Sumarno mengatakan, dengan target Rp3,6 triliun diharapkan dapat tercapai dengan tambahan dari bagi hasil itu.

“Hingga di Agustus ini, capaian pendapatan kita sudah sekitar 51 persen. Kami berharap sumber pendapatan tidak terkendala sehingga bisa capai target,” jelasnya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.