SRIWIJAYA FC
Trending

Pengalaman Pertama di Liga 2, Siap Main di Posisi Gelandang

Pemain anyar SFC Zulkifli Syukur.

Sibernas.com, Palembang-Nama Zulkifli Syukur begitu populerdi pentas sepakbola nasional. Bek kanan kelahiran Makassar, 3 Mei 1984 ini, mulai dikenal publik setelah terpilih dalam Tim Nasional (Timnas) U-22 yang mendapat kesempatan berlatih di Belanda pada tahun 2006.

Di kota Den Haag, Zulkifli bersama pemain Garuda Muda lainnya ditempa pelatih legendaris asal Belanda, Foppe de Haan, untuk menghadapi Asian Games 2006 dan SEA Games 2007.

Sepulang berlatih dari Belanda, Zulkifli mulai wara-wiri di timnas baik di level U-23 dan senior. Terakhir, ayah dari dua putri ini tercatat sebagai kapten timnas di Piala AFF 2014.

Usia Zulkifli kini tidak mudah lagi, sudah menginjak 35 tahun, faktor itu yang mungkin membuat dia sulit bersaing dengan pemain muda PSM Makassar. Pada akhirnya, Zulkifli yang tercatat sebagai kapten Juku Eja menerima tawaran Sriwijaya FC (SFC) untuk bermain di Liga 2 dengan status pinjaman.

“Sebenarnya, ada dua tim Liga 1 yang mengajak gabung, yakni Persebaya Surabaya dan Perseru Badak Lampung. Namun saya memilih SFC di Liga 2 agar tidak bertemu PSM Makassar di Liga 1. Ini juga menjadi pengalaman pertama bagi saya bermain di Liga 2,” kata Zulkifli Syukur saat dibincangi, Selasa (20/8/2019).

Usia 35 tahun memang tidak mudah lagi untuk ukuran pesepakbola profesional. Tapi, dengan ketangguhan fisik yang dimiliki Zulkifli, dia diyakini bisa tetap bersaing di level Liga 2.

Walaupun berposisi sebagai bek sayap, tak jarang aliran serangan yang dibangun berawal dari kaki ZS3, begitu teman dekat menyapanya. Ia kerap kali naik maju ke depan untuk membantu serangan.

Bahkan, ia kerap memberikan umpan-umpan memanjakan yang siap dikonversi menjadi gol oleh para penyerang. Menusuk dari bagian kanan pertahanan lawan menjadi ciri khas Zulkifli Syukur. Ia begitu piawai untuk urusan ini. Kehadiran Zulkifli jelas menjadi ancaman serius bagi bek muda SFC Akbar Zakaria.

“Saya sudah mempersiapkan fisik sebelum berangkat ke Serang, dan saya optimis bisa cepat beradaptasi dengan rekan-rekan di SFC. Pada dasarnya, saya siap diturunkan pelatih, baik itu di bek kiri, bek kanan, serta gelandang tengah,” beber Zulkifli.

Zulkifli mengaku, tidak asing dengan klub serta pemain Laskar Wong Kito. Dia mengaku, mengenal cukup banyak pemain SFC saat ini.

“Di tim SFC saya sudah mengenal beberapa pemain seperti Airlangga Sucipto, Yongky Aribowo, Moniega Bagus Suwardi, Galih Sudaryono, dan Pelatih Kiper Ferry Rotinsulu,” pungkas Zulkifli.

Reporter/Editor : Zahid Blandino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.