SUMSEL

Mall dan Minimarket Diminta Kurangi Pengunaan Kantung Plastik

Sibernas.com, Palembang-Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan (DLHP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan sosialisasi pengurangan pengunaan kantung plastik di Sumsel. Terbaru, Mall dan Minimarket di Sumsel diminta menyiapkan imbauan berupa banner yang dipasang untuk mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak menggunakan kantung plastik saat berbelanja.

Kepala DLHP Edward Chandra melalui Kepala Bidang Pencemaran Pengelolaan Sampah B3 dan Limbah Dany Fachrial mengatakan, pihaknya bakal segera melakukan sosialisasi kepada manajemen Mall dan Minimarket di Sumsel untuk melakukan imbauan berupa pemasangan banner untuk mengingatkan pengunjung agar tidak menggunakan kantung plastik saat berbelanja.

“Kita terus lakukan sosialisasikan pengurangan pengunaan kantung plastik ini kepada masyarakat dan terbaru akan mensosialisasikan kepada manajemen Mall dan Minimarket di Sumsel agar mereka menyiapkan banner sebagai imbauan dan peringatan kepada pengunjung jika berbelanja tidak menggunakan kantung plastik,” kata Dany saat diwawancarai, Jumat (16/8/2019).

Lihat Juga :  Bupati Banyuasin Askolani Instruksikan Satu Kepala Dinas Wajib Bedah Satu Rumah Warga Miskin

Dengan adanya banner tersebut bisa membuat kesadaran bagi pengunjung agar tidak lagi menggunakan kantung plastik saat berbelanja. Sebagai penggantinya, pengunjung diminta membawa kresek berbelanja.
Pihaknya juga meminta kepada Mall, Minimarket, hingga restoran untuk menyediakan sedotan dari bahan bambu yang lebih ramah lingkungan dibandingkan menggunakan sedotan yang berbahan dasar plastik.

“Mulai sekarang Mall, Minimarket, dan restoran untuk tidak terus menerus menggunakan sedotan plastik tetapi nantinya harus diubah menjadi sedotan berbahan bambu,” ujar Dany.

Dany menjelaskan, selain Mall dan Minimarket, pihaknya pun juga telah melakukan sosialisasi pengunaan kantong plastik baik melalui seminar, organisasi, sekolah, hingga instansi-instansi yang ada di Sumsel.

“DLHP juga setiap rapatnya tidak menggunakan sedotan dan minuman yang berplastik tetapi langsung menggunakan air galon saja dan gelas dan juga saat pemotongan hewan kurban kemarin kita juga menggunakan kantung plastik ramah lingkungan. Ini semua kita lakukan untuk mengkampanyekan pengurangan menggunakan bahan plastik,” jelasnya.

Lihat Juga :  Bupati Banyuasin Askolani Instruksikan Satu Kepala Dinas Wajib Bedah Satu Rumah Warga Miskin

Reporter : Maulana
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close